Breaking News:

Pemilik PT CGA Akui Berikan Uang 'Pelicin' Proyek Jalan Duri-Sei Pakning kepada Amril Mukminin

Singkatnya, Ichsan baru mengakui ada memberikan uang secara langsung, yaitu sebesar Rp 1 miliar kepada Amril, saat memasuki akhir-akhir persidangan.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda
Saksi dari PT CGA, Rhemon Kamil bersaksi lewat video conference dalam sidang lanjutan perkara dugaan korupsi yang menjerat Bupati Bengkalis nonaktif, Amril Mukminin, Kamis (23/7/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Pemilik PT Citra Gading Asritama (CGA), Ichsan Suaidi, menjadi saksi yang dihadirkan untuk diperiksa di persidangan dugaan korupsi proyek Jalan Duri - Sei Pakning, Kamis (13/8/2020).

Adapun terdakwa dalam perkara ini, yakni Bupati Bengkalis non aktif, Amril Mukminin. Dia disebut menerima uang dari PT CGA, selaku pelaksana proyek bermasalah tersebut, dengan total Rp5,2 miliar.

Selain itu, Amril juga didakwa menerima gratifikasi senilai Rp23,6 miliar lebih dari dua pengusaha sawit.

Masing-masing dari Jonny Tjoa sebesar Rp12.770.330.650 dan dari Adyanto sebesar Rp10.907.412.755. 

Untuk gratifikasi sebesar Rp23,6 miliar, terungkap pula jika uang itu ada yang mengalir ke rekening istri Amril Mukminin, Kasmarni.

Di Persidangan, Bupati Bengkalis Non Aktif Amril Mukminin Akui Terima Uang Rp5,2 Miliar dari PT CGA

Sidang lanjutan dipimpin majelis hakim Tipikor Pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, diketuai Hakim Lilin Herlina, yang juga Wakil Ketua PN Pekanbaru.

Selain majelis hakim, di ruang sidang hanya ada penasehat hukum (PH) terdakwa Amril.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berada di kantornya.

Sementara saksi Ichsan Suaidi, berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Cibinong, Jawa Barat. Ia sedang menjalani masa hukuman terkait perkara lain.

Dalam kesaksiannya, Ichsan Suaidi memberi keterangan berbelit-belit. Dia terkesan menutup-nutupi apa yang diketahui. Ia mengaku banyak tak tahu saat ditanyai.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved