Breaking News:

Ditelpon Putra Mahkota Abu Dhabi, Israel Tiba-tiba Batalkan Rencana Caplok Tepi Barat Palestina

Putra mahkota dengan julukan MBZ itu berhasil membuat Israel membatalkan rencananya dan tidak akan untuk mencaplok atau menganeksasi Tepi Barat

istimewa
MBZ dengan Jokowi di kesempatan lain 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan membuat langkah yang mengejutkan dunia. 

Putra mahkota dengan julukan MBZ itu berhasil membuat Israel membatalkan rencananya dan tidak akan untuk mencaplok atau menganeksasi di Tepi Barat Palestina

Pembatalan tersebut pun disepakati dalam perjanjian damai dengan Uni Emirat Arab (UEA)

Kabar mengejutkan sekaligus bersejarah itu diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di akun Twitternya.

Dia mengunggah pernyataan gabungan dirinya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan MBZ yang merangkap sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab.

"Selama percakapan telepon antara Presiden Trump dan PM Netanyahu, kesepakatan tercapai untuk menghentikan aneksasi di wilayah Palestina," jelas MBZ.

Pernyataan itu diperkuat keterangan sumber pejabat senior Gedung Putih, bahwa Tel Aviv tidak akan memperlebar wilayah di Tepi Barat.

Dalam pernyataan gabungan, Tel Aviv sepakat untuk tidak "mendeklarasikan kedaulatan" wilayah yang tak sesuai dengan Visi Perdamaian Presiden.

Dilaporkan Reuters Kamis (13/8/2020), visi tersebut merujuk pada rencana perdamaian Timur Tengah yang diungkapkan Trump Januari lalu.

Keluarga Palestina terpaksa tinggal di dalam goa
Keluarga Palestina terpaksa tinggal di dalam goa (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Sebagai gantinya, Israel akan "fokus kepada perluasan hubungan baik dengan negara di dunia Arab maupun negara-negara Muslim".

Halaman
12
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved