Breaking News:

Pilkada di Riau 2020

Coklit Berakhir, Bawaslu Bengkalis Lakukan Audit, Temukan Puluhan Rumah Belum di Coklit PPDP

Hasil audit yang dilakukan Bawaslu Bengkalis bersama jajaran pengawas dibawahnya menemukan masih banyak menyisakan masalah pelaksanaan Coklit tersebut

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Ilham Yafiz
TRIBUN PEKANBARU / MUHAMMAD NATSIR
Bawaslu Bengkalis melakukan audit pelaksanaan Coklit yang dilakukan PPDP KPU Bengkalis 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Usai berakhirnya tahapan pencocokan dan Penelitian (Coklit) data Pemilih yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) Bengkalis pada 13 Agustus kemarin, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkalis langsung melakukan audit terhadap tahapan tersebut.

Hasil audit yang dilakukan Bawaslu Bengkalis bersama jajaran pengawas dibawahnya menemukan masih banyak menyisakan masalah pelaksanaan Coklit tersebut.

Hal ini diungkap Komisoner Bawaslu Bengkalis Divisi Pengawasan Usman kepada tribun, Minggu (16/8) siang.

Menurut dia dari hasil pengawasan pihak Bawaslu masih menemukan puluhan rumah belum di Coklit oleh PPDP.

Temuan ini, tersebar di beberapa wilayah kecamatan yang ada. Diantaranya di kecamatan Bathin solapan 2 rumah yang belum di Coklit, Kecamatan Pinggir 5 rumah, Kecamatan Rupat Utara 10 rumah dan kecamatan Mandau 10 rumah.

Sedangkan untuk kecamatan Bengkalis, Bantan, Rupat, siak kecil, Bukit Batu, Bandar Laksmana dan Talang Muandau tim audit dari jajaran pengawas Pemilu tidak menemukan rumah dan pemilih yang belum di Coklit.

Kampung Janda, Pulau di Kamboja yang Hanya Dihuni Para Janda ini Jadi Tujuan Turis Bule

Lama Tak Muncul, Begini Kabar Terbaru Fatin Shidqia, Cek Email Terus

Horee! Bu Susi Pudjiastuti Buka Lowongan Kerja, Buruan Kirimkan Lamaran Secara Online di Sini

Terhadap temuan ini, jajaran pengawas pemilu akan mengeluarkan surat saran perbaikan kepada jajaran KPU Bengkalis. Ini sebagai upaya untuk melakukan Coklit ulang terhadap rumah rumah dan pemilih yang belum di coklit tersebut.

Hal ini juga sebagai upaya Bawaslu bengkalis dalam melindungi hak pilih rakyat.

Menurut Usman Satu diantaranya metode pengawasan dalam tahapan Coklit ini adalah audit untuk memastikan pelaksanaan Coklit dilakukan sesuai prosedur yang menyeluruh demi menghasilkan Daftar Pemilih Pemilihan Serentak 2020 yang akurat, mutakhir dan komprehensif.

Pihaknya melakukan audit dengan beberapa metode yang ada.

Di antaranya dilakukan oleh pengawasa kelurahan/Desa dengan mengidentifikasi lokasi yang akan diaudit, dimana daerah yang sebelumnya diawasi saat pelaksanaan Coklit tidak lagi di datangi petugas audit.

"Metode lain yang kita lakukan saat audit pada tanggal 14 Agustus kemarin petugas pengawas kelurahan/Desa mengumpulkan informasi satu hingga sepuluh rumah pemilih yang keluarganya belum dilakukan Coklit," tandasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Muhammad Natsir )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved