Breaking News:

Siak

Helikopter Super Puma Putih Latukan Water Bombing 5 Ribu Liter Saat Simulasi Pemadaman Karhutla

Pada simulasi karhutla di lapangan bola Koto Gasib, Siak,Selasa (18/8/2020), helikopter water bombing Superpuma kapasitas 5.000 liter air.

Tribunpekanbaru.com/Mayonal Putra
Helikopter water bombing Superpuma kapasitas 5.000 liter menumpahkan air pada simulasi karhutla di lapangan bola Koto Gasib, Siak,Selasa (18/8/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Satgas Karhutla Riau juga melaksanakan simulasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada kegiatan penyerahan penghargaan promoter dari Lemkapi kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy, Selasa (18/8/2020) di lapangan bola kecamatan Koto Gasib, Siak.

Pada simulasi itu, Satgas menurunkan pasukan lengkap darat dan udara. Helikopter water bombing Superpuma kapasitas 5.000 liter diikutsertakan melaksanakan pemadaman. Helikopter berwarna putih itu diketahui milik PT Arara Abadi.

Juru Bicara PT Arara Abadi Nurul Huda mengatakan, pihaknya bagian dari Satgas Karhutla Riau. Karena itu, helikopter yang diterbangkan untuk water bombing di kegiatan itu merupakan salah satu partisipasi PT AA di dalam Satgas. Tujuannya adalah untuk menunjukkan pihaknya serius berada di dalam Satgas penangan Karhutla.

Tiga Warga Pelalawan Karyawan Perusahaan di Perawang, Kabupaten Siak Positif Covid-19

"Sebenarnya bukan hanya helikopter saja yang kita siapkan. Kita juga mempunyai tim pemadaman kebakaran (TPK) yang siap bekerjasama dengan Satgas," kata dia.

Pada kegiatan itu, pihaknya juga menurunkan 40 anggota TPK lengkap dengan Sapras pemadaman kebakarannya.

Sebab, PT AA tidak hanya bertanggungjawab untuk menjaga konsesinya, namun juga ikut berpartisipasi penuh dalam mencegah Karhutla secara umum di Riau.

"Kalau untuk konsesi kita ada program pencegahannya, dengan SDM yang terus ditingkatkan. Di luar itu kita juga ikut berpartisipasi penuh dan siap bekerjasama dengan Satgas dalam mencegah dan menangani lebih jauh Karhutla," kata dia.

Luas Lahan Terbakar Capai 94 Hektare, Polda Riau Dalami Kasus Kebakaran Lahan PT BMI di Siak

Nurul juga memberikan apresiasi kepada Kapolda Riau yang telah meluncurkan dashboard Lancang Kuning untuk mendeteksi Karhutla dari dini.

Pantauan Tribunpekanbaru.com, pada kegiatan simulasi pemadaman Karhutla di Koto Gasib dimulai dari adanya warga yang membuka lahan.

Walaupun sudah diingatkan petugas namun warga tersebut tetap membuka lahan dengan cara membakar. Akibatnya terjadi kebakaran dan merembet menjadi Karhutla.

Percikan api itu terdeteksi dan komunikasi dilaksanakan melalui dashboard lancang kuning. Akhirnya Satgas datang untuk melakuan pemadaman.

Karena api sudah menjalar lebar maka diterbangkan helikopter water bombing untuk membantu.

Update, Kejari Siak Periksa Mantan dan Pejabat di Siak Terkait Kerugian Negara Akibat Izin PT DSI

Satgas bekerja sampai api padam dan kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan penahanan terhadap tersangka. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved