Breaking News:

Citizen Journalism

Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI Ajak Warga Budidayakan Ikan Dalam Ember dengan Aquaponik

Hasil dari program ini lah yang membantu masyarakat memenuhi kebuthan pangan dan membantu perekonomian masyarakat kampung sawit permai

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI Ajak Warga Budidayakan Ikan Dalam Ember dengan Aquaponik 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Wabah Covid-19 banyak dampak merugikan yang terjadi pada masyarakat salah satunya perekonomian masyarakat yang semakin menurun sehingga kebutuhan pangan pun tidak tercukupi, maka dari itu kami dari tim mahasiswa kukerta balik kampung melakukan pengabdian di Desa Sawit Permai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Kami Turun ke lapangann Pada kamis, 16 juli 2020, kami membantu masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan yang dialami oleh masyarakat.

Kami membawa program kami yaitu pemanfaatan lahan perkarangan dengan membudidayakan ikan lele didalam ember dengan sistim aquaponik.

Hasil dari program ini lah yang membantu masyarakat memenuhi kebuthan pangan dan membantu perekonomian masyarakat kampung sawit permai.

Estimasi pembuatan Budikdamber ini adalah kurang lebih 100.000 ribu jika bahan bahan yang dibeli semua seperti ember 80L, bibit ikan lele, cup pop ice, kawat dan sayur kangkung serta arang dang abu gosok.

Masyarakat juga boleh memanfaatkan barang barang yang ada dirumah jika ember 80L bisa digantikan dengan drum atau ember cat, kemudian cup pop ice bisa digantikan dengan aqugelas, dan media lain selain arang dan abu gosok adalah sabuk kelapa, maka estimasi biayanya mungkin kurang dari seratus ribu.

Selain biaya yang sangat terjangkau dimasyarakat maka pembuatan budikdamber ini pun sangat peraktis dan bisa dilakukan oleh masyarakat.

Kemudian tujuan lain dari program ini adalah untuk mengajak masyarakat menjadi masyarakat yang produktif dan siap menghadapi masa pademik covid-19 ini.

Tim kuketa mahasiwa unri balik kampung pun mulai menjalankan sosialisasinya mualai dari perangkat desa, karang taruna, kadus 1, kadus 2 dan kadus 3.

Tim kukerta mahasiswa unri balik kampung sangat bersyukur karena dari perangkat desa sangat antusias mendukung program kami dan kepala desa pak Sadikun sangat mengapresiasi program kami yang kami laksanakan dikampung Sawit Permai, begitu pula dari pemuda karang Taruna sampai dengan Kadus1, Kadu2 dan Kadus3 pun sangat mendukung program yang kami bawa kedesa Sawit Permai.

Harapan kami dari tim kukerta mahasiswa unri balik kampung, semoga masyarakat nya ,menjadi masyarakat yang produktifdan dan programkami dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

Tribunpekanbaru.com / Citizen Journalism / Naufal Akbar Badri.

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved