Breaking News:

Citizen Journalism

Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI 2020 Gelar Mendoa Padang dan Bertanam Padi

Selain membawa makanan, masyarakat juga membawa ember yang berisi air dan dedaunan yang akan dikumpulkan ditengah dan didoakan

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI 2020 Gelar Mendoa Padang dan Bertanam Padi. Foto: Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI foto bersama dengan warga setempat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim kukerta Unri desa Pulau Kopung mengikuti kegiatan Mendoa Padang dan Meladang di desa Pulau kopung kecamatan sentajo raya kabupaten kuantan  singingi, yang diadakan pada tanggal  12-14 agustus 2020.

Kegiatan ini sendiri di laksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa Pulau Kopung.

Pada kesempatan kali ini, tim Kukerta Desa Pulau Kopung yang dibimbing oleh Rezi Abdurrahman, yaitu Setyo Ardian Topan, Adam Kulon Maulana, Benny Wahyudi, Imam Bastari, Jusinta Aliska, Anggi Risma Warni, Nadita Variza, Cintia Pratama, Dwi Marlyani, dan Anisah Balkis berkesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan Mendoa Padang dan Bertanam Bersama.

Area pertanian sawah seluas 67 ha dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Pulau Kopung untuk bertanam padi sehingga menjadikan kegiatan ini sebagai mata pencaharian terbesar kedua setelah memotong karet.

Area pertanian dimiliki oleh masyarakat secara pribadi namun bertempat di satu lokasi yang luas yang terhubung hingga ke desa Kenegerian Kopah.

Pada tahun ini, secara garis besar kegiatan bercocok tanam dimulai tidak lama setelah hari raya Idul Adha.

Sebelum ditanamkan ke sawah, benih padi terlebih dulu ditanam di tempat lain selain sawah, bisa di kebun atau area yang kosong lainnya.

Kegiatan ini disebut dengan menyemai atau “manyumanyan”.

Setelah semaian benih tumbuh agak panjang dan siap ditanam, semaian dicabut untuk kemudian ditanam disawah. 

Sebelum ditanamkan ke sawah, dilaksanakanlah kegiatan doa padang.

Halaman
123
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved