Breaking News:

Citizen Journalism

Mahasiswa dan Dosen Mengabdi, Latih Guru, Ajak Anak Gemar Membaca Alquran dan Inovasi Pembelajaran

Kukerta Terintegrasi Abdimas Sorek Satu dan Tim Pengabdian Dosen UNRI bekerjasama dengan FOGIPSI, lakukan Pelatihan Bagi Guru-Guru se-Pelalawan

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Mahasiswa dan Dosen Mengabdi, Latih Guru, Ajak Anak Gemar Membaca Alquran dan Inovasi Pembelajaran 

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Kukerta Terintegrasi Abdimas Sorek Satu dan Tim Pengabdian Dosen UNRI bekerjasama dengan FOGIPSI, lakukan Pelatihan Bagi Guru-Guru se-Pelalawan mengenai Pembelajaran Abad 21 berbasis Merdeka Belajar.

Perkembangan arus Globalisasi saat ini menuntut inovasi-inovasi baru yang harus dihadirkan dalam setiap elemen kehidupan manusia, salah satunya ialah dunia pendidikan.

Dalam rangka menghasilkan generasi hebat sebagai modal sebagai antisipasi revolusi industri 4.0.

Pembelajaran abad 21 juga bisa dikatakan sebagai sarana mempersiapkan generasi di mana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh terhadap proses belajar-mengajar.

Peserta didik diberi kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan kecakapannya dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan begitu, peserta didik memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai kecakapan berpikir dan belajar peserta didik.

Selain itu, sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan menuntut sekolah mengubah pendekatan pembelajaran yakni yang berpusat pada pendidik (teacher centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peseta didik (student centered learning).

Hal ini sesuai dengan tuntutan masa depan, peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar.

Kemudian diikuti dengan program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim yaitu “Gerakan Merdeka Belajar”.

Gerakan Merdeka Belajar ini menekankan kepada esensi kebebasan berpikir , bagaimana kemudian dapat merancang pembelajaran dengan gebrakan baru sesuai dengan kompetensi yang di tuju dengan gaya dan metoda pembelajaran yang kreatif dan membangun.

Halaman
1234
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved