Breaking News:

Video Berita

Video: Danlanal Dumai Kukuhkan 10 Babinpotmar, Ini Tugasnya

Himawan mengungkapkan, bahwa Babinpotmar juga merupakan perwujudan dari salah satu tugas TNI AL menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: aidil wardi

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan menggukuhkan sebanyak 10 anggota Bintara Pembina Potensi Maritim ( Babinpotmar)  Lanal Dumai, Rabu (19/8/2020).

Pengukuhan Babinpotmar tersebut, dilaksanakan di Mako Lanal Dumai, yang dihadiri oleh para pejabat Lanal Dumai.

Danlanal Dumai, Kolonel Laut  (P) Himawan mengungkapkan, bahwa Babinpotmar juga merupakan perwujudan dari salah satu tugas TNI AL menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla). 

Dikira Kebakaran Hebat WNI di Malaysia ini Melompat dari Lantai 2, Ternyata yang Terbakar Hanya Ini

Dirinya menambahkan, dalam rangka  upaya tercapainya pembinaan kemampuan dan kekuatan tugas Dawilhanla tersebut,  memerlukan pengaturan pembinaan organisasi potensi maritim (Potmar) baik di tingkat Armada, Lantamal maupun Lanal serta Pos Angkatan Laut sebagai salah satu metode dan tata cara pembinaan kekuatan TNI AL.

 "Maka Pada  5 Agustus 2020, Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono telah mengukuhkan Babinpotmar di Pos TNI AL Tanjung Pasir, Tangerang Banten sebagai tanda resminya kegiatan Babinpotmar diwilayah kerja masing-masing.

Babinpotmar ini sejajar dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos TNI Angkatan Laut (Posal) termasuk di Dumai," terangnya. 

Pertama di Kota Rengat Inhu, Bupati Yopi Resmikan Ponpes Ponpes Darul Ulum di Kampung Pulau

Kolonel (P) Himawan menerangkan, total ada 10 Babinpotmar yang dilantik, mereka di sebar ke 9 Posal Lanal Dumai untuk wilayah kerja Lanal Dumai.

"Luas Wilayah kerja Lanal Dumai secara umum meliputi  Daratan: 87.023.66 Km2  (80,11%), Perairan: 21.467,82 Km2  (19,89%) dan panjang Garis Pantai ± 370 Mil (685, 24 Km) membentang dari Panipahan (Rohil) Sampai Pulau Kijang (Inhil), yang terdiri dari 139 Pulau," terangnya.

Dijelaskanya, Babinpotmar Lanal Dumai sendiri adalah para anggota yang sehari-hari bertugas di Pos-pos TNI AL jajaran Lanal Dumai yang terdiri dari 9 Posal dan 12 Posmat termasuk anggota Staf Potmar Lanal Dumai.

Adapun tugas-tugas yang dibebankan kepada Babinpotmar, tambahnya, yakni melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan bertugas pokok melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir. 

Duet Politikus-Artis Melayu pada Pilkada Bengkalis 2020, Kaderismanto-Iyeth Bustami Gelar Deklarasi

1Bukan hanya itu saja, jelasnya, Babinpotnar juga memiliki tuga untuk  melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut maksudnya membantu negara demi terlaksananya kegiatan komponen cadangan (Komcad) dan komponen dukungan (Komduk),

mendukung perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi maritim dengan segenap unsur geografi,

demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang (RAK Juang) demi kepentingan pertahanan negara.

Selain itu, terang Danlanal, mereka juga bertugas untuk memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, serta memberikan penyuluhan pembangunan di bidang pertahanan dan mendukung kesejahteraan masyarakat maritim dan terakhir melakukan pengawasan fasilitas atau prasarana pertahanan di pesisir,

membina dan mengembangkan potensi maritim baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

"Tidak hanya itu, dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19, Babinpotmar juga bertugas untuk membantu Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved