Breaking News:

Video Berita

WISATA RIAU Pantai Tenggayun Bengkalis, Wisatawan Bisa Berjalan ke Rumah Ikan Nelayan Saat Air Surut

Mereka yang datang memang masih di dominasi oleh masyarakat Bengkalis yang ada di Bukit Batu, Siak Kecil maupun Bandar Laksamana

Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS -  Pantai di Kabupaten Bengkalis yang satu ini mulai dilirik wisatawan lokal maupun luar Bengkalis.

Berbeda dari pantai lainnya, pantai ini berada di daratan Sumatera, tepatnya bagian pesisir timur Pulau Sumatera, wilayah Riau.

Akses jalan untuk mencapainya pun cukup mudah, karena keberadaannya tidak jauh dari jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Bengkalis dengan Kota Dumai .

Jika ditempuh dari Kota Dumai , untuk sampai ke pantai ini hanya butuh waktu sekitaran satu jam perjalanan mengarah ke daerah Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Bengkalis .

Pantai tersebut memiliki nama Pantai Tenggayun sesuai dengan nama desa dimana pantai ini berada.

Lokasinya pun berada tidak jauh dari jalan lintas. Ketika memasuki Desa Tenggayun , akan terlihat gerbang masuk mengarah ke pantai.

Untuk sampai ke sana pun hanya berjarak 500 meter dari jalan lintas utama Dumai-Pakning.

Pantai Tenggayun menawarkan pemandangan berbeda dengan pantai lainnya. Karena menghadap ke Selat Malaka, pantai ini terkadang menyajikan pemandangan kapal besar yang melintas di perairan Malaka tersebut.

Selain itu juga, beberapa kapal nelayan berada di laut Selat Melaka menambah indah pemandangan.

Di bibir pantai berada sekitaran dua ratus meter dari tepi pantai juga terlihat beberapa rumah ikan milik nelayan.

Bahkan jika keadaan surut, wisatawan bisa berjalan menuju rumah-rumah ikan milik nelayan ini.

Rumah ikan nelayan di Pantai Tenggayun Bengkalis
Rumah ikan nelayan di Pantai Tenggayun Bengkalis (Dok Tribun Pekanbaru)

Rumah-rumah ikan ini memiliki tinggi sekitar 15 sampai 20 meter, dimana menjadi tempat nelayan untuk mengeringkan hasil tangkapannya menjadi ikan asin.

Nelayan di sana juga terkenal ramah, bahkan sering menawarkan para wisatawan untuk menginap semalam di atas rumah ikan mereka.

Pantai Tenggayun memang tidak selalu ramai dikunjungi, hanya pada hari libur seperti lebaran dan libur sekolah atau akhir pekan saja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved