Breaking News:

Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI Membuat Icon Wisata di Tepian Sungai Siak

Semoga melalui kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mempecantik kawasan tepian Sungai Siak

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI Membuat Icon Wisata di Tepian Sungai Siak. Foto: Mahasiswa sedang mewarnai tembok di tepian Sungai Siak. 

TRIBUNPEKANBARU. PEKANBARU - Sebanyak sembilan orang mahasiswa dari berbagai program studi dilingkungan Universitas Riau dan empat orang dosen FMIPA Universitas Riau yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Mahasiswa dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020 dibantu oleh masyarakat kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan melaksanakan gotong royong pembersihan pedestrian dan pengecatan warna warni di lokasi tepian Sungai Siak tepatnya dibawah jembatan Siak 1 pada hari Selasa, tanggal 25 Agustus 2020.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program yang telah disusun untuk mempromosikan wisata di tepian Sungai Siak sehingga diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil seperti pedagang-pedagang disekitar kawasan tepian Sungai Siak.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana kegiatan sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Integrasi Mahasiswa Universitas Riau Tahun 2020, Joko Risanto, M.Kom didampingi oleh dosen-dosen DPL yaitu Zaiful Bahri, S.Si, M.Kom, Fatayat, M.Kom dan H. Gusyafri, ST, MT.

Kegiatan lainnya telah dilaksanakan oleh mahasiswa di aula kantor Kelurahan Kampung Baru seperti penyuluhan pencegahan penularan COVID-19, Lomba seni bagi anak-anak sekitar bersempena perayaan HUT RI ke 75 pada beberapa waktu lalu.

Kegiatan dosen dan mahasiswa ini mendapatkan dukungan penuh dari Lurah Kampung Baru yaitu Ibu Yeni Erita, S.Sos dan Forum RT sebagai pemuka masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mempecantik kawasan tepian Sungai Siak, khususnya di wilayah Kelurahan Kampung Baru” tambahnya.

Mahasiswa sangat bersemangat melaksanakan kegiatan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kesulitan yang dialami oleh masyarakat kecil dengan sepinya pengunjung, terlebih disaat Pandemi Covid-19 ini.

Beberapa mahasiswa antusias menyiapkan icon wisata yang lain yaitu rambu-rambu wisata yang rencananya akan ditanam pada akhir minggu ini untuk melengkapi warna-warni tembok pedestrian yang telah dibuat.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator mahasiswa, Eka Saputra (Jurusan Ilmu Komputer) bersama anggota lainnya yaitu Cindy Florencia (PGSD), Fatma Wahyuni (Ilmu Komputer), Ikhsanul Fahmy Hazir (Ilmu Komputer), Gracenanda Cisylia (PGSD), Haura Nabilah Ramadhani (Ilmu Hukum), Intan Permata Sari (Ilmu Komputer), M. Rasyid Hidayatullah (Ilmu Komputer) dan Putri Fitria Army (Jurusan Ilmu Komputer).

Dalam keterangannya, Ketua Pelaksana Kegiatan ini mengatakan bahwa beberapa kegiatan lainnya akan dilaksanakan minggu depan seperti penyuluhan digital marketing, pelatihan pembuatan kuliner melayu untuk masyarakat dan lokakarya bersama perangkat desa atau kelurahan.

Beliau mengharapkan Pemerintah Kota Pekanbaru dapat memperhatikan pengembangan kawasan wisata Sungai Siak sebagai salah satu icon wisata di Kota Pekanbaru.

“Harus diperkaya sehingga yang datang ke lokasi ini tidak saja hanya mengenal Pasar Bawah, tetapi juga ada alternatif lain sebagai rekreasi alam imbuhnya.

Maka diperlukan perhatian khusus dari pemerintah karena pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan besar.

“Kami hanya sekedar mengajak partisipasi masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri melalui bentuk-bentuk kreatifitas kecil yang dapat menarik perhatian pengunjung” terangnya.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Tim Kukerta dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau kepada segenap komponen yang telah mendukung kegiatan ini diantaranya adalah kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau, kepada Kepala Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan, Ibu Yeni Erita, S.Sos, kepada segenap Forum RT dan RW se Kelurahan Kampung Baru, masyararakat Kampung Baru dan terkhusus kepada dosen dan mahasiswa peserta Kukerta Integrasi Pengembangan Ekowisata Sungai Siak dari Universitas Riau.

Dari pengamatan terlihat kawasan tepian Sungai Siak terlihat sepi. Padahal wilayah ini punya potensi untuk dibenahi dan dikembangkan sebagai kawasan wisata kota.

Terlebih lagi beberapa pengusaha telah melirik potensi ini yang mana salah satunya tengah mempersiapkan kapal atau perahu wisata yang akan membawa pengunjung untuk berlayar dan bersantai di sekitar alur Sungai Siak.

Semoga kehadiran paket-paket wisata padat modal tersebut dapat juga memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk berusaha dan memperoleh manfaat ekonomi sehingga terjadi sinergitas antara pengusaha, pemerintah daerah dan masyarakat.

(Tribunpekanbaru.com / Ril)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved