Breaking News:

Mahasiswa Kukerta Gelar Internalisasi Kesadaran Hukum Aparatur Pemdes Dalam Literasi Keuangan

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan Pendamping Lapangan, Kepala Desa, Seksi Trantib Camat Bandar Sei Kijang Bhabinkamtibmas

Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Istimewa
Mahasiswa Kukerta Gelar Internalisasi Kesadaran Hukum Aparatur Pemdes Dalam Literasi Keuangan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pada masa sekarang uang sangat sensitif terhadap semuanya, masyarakat kurang paham terhadap bagaimana aliran bantuan dari pemerintah dan masyarakat menganggap uang itu diturunkan ke kepala desa bukan ke desa.

Merespon hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( Kukerta) Integrasi dari Universitas Riau di Desa Setia Muda yang diketuai oleh Bapak Ikhsan SH, MH selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengadakan acara Internalisasi Kesadaran Hukum Aparatur Pemerintahan Desa dalam Literasi Keuangan yang diadakan pada tanggal 27 agustus 2020 di Ruang Aula Serba Guna Kantor Desa Muda Setia.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan Pendamping Lapangan, Kepala Desa, Seksi Trantib Camat Bandar Sei Kijang Bhabinkamtibmas. Dan diteruskan tentang pemahaman internaslisasi kesadaran hukum aparatur pemerintahan desa dalam literasi keuangan.

“Dalam Internalisasi Kesadaran Hukum, terdapat yakni Prakonvensional dan Konvensional. Prakonvensional itu bahwasanya aparatur penyelenggara negara dalam melakukan pembelaan diri menjadi sebuah (Siksaan) dalam konteks tahap kekuatan fisik.

Lalu dalam Konvensional terdapat yang nama nya Interpersonal,yang dimaksud adalah kita taat pada hukum saat orang tersebut ada,hal ini sering terjadi dalam geopolitik,hal ini yang menyebabkan Aparatur Pemerintahan menjadi bermasalah” Dijelaskan oleh Bapak Ikhsan

Lanjut dijelaskan Oleh Bapak Ikhsan“Internalisasi ini juga diharapkan bisa membuat aparatur pemerintahan untuk memberikan pemahaman kepada masyrakat tentang keuangan terutama tentang bantuan langsung tunai.”

Senada dengan yang dipapar oleh Bapak Ikhsan“Dimasa sekarang ini masyarakat kurang paham bagaimana aliran bantuan dari pemerintah dan menganggap bantuan pemerintah itu dititipkan ke kepala desa padahal bantuan itu dititipkan ke desa.

Hal ini membuat kesalahpahaman terhadap Masyrakat ke Kepala Desa atau Pemerintahan Desa dan kesalahpahaman tentang penyelewengan dana.

Sehingga Kepala Desa serta jajaran nya tidak dianggap sebagai Artis,yang selalu dibayangi-bayangi oleh pihak hukum,pihak sosial dan masyrakat.

Dikarenakan setiap hal tentang keuangan,khusus nya bantuan ada regulasi nya” Ungkap kepala desa muda setia Muslim

Ditambah oleh Bapak Muslim “Dan Alhamdulilah Pemerintah Desa Muda Setia telah memberikan Bantuan Langsung Tunai kepada Masyrakat selama 3 bulan Pemberian ini diberikan secara simbolis oleh Bupati Pelalawan/Perwakilan. Bantuan yang diberikan sebesar 600 ribu per per penerima”

Ketua Tim Mahasiswa Kukerta M.Ridwan mengatakan,dengan dilaksanakan nya acara Internalisasi Kesadaran Hukum Aparatur dalam Literasi Keuangan akan menambah kesadaran dan aparatur menjadi lebih mengerti akan literasi keuangan.

“Kegiatan ini dillaksanakan dengan harapan Aparatur Pemerintahan menjadi sadar akan hukum dalam literasi keuangan,serta menghindari kesalahpahaman antara masyrakan dengan aparatur desa dan Kepala Desa” jelas nya.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dengan Mahasiswa Kukerta, Dosen Pendamping Lapangan, Kepala Desa, Seksi Trantib Camat Bandar Sei Kijang Bhabinkamtibmas, beserta tamu undangan yang hadir.

Tim Pengabdian Kukerta Integrasi ini dibimbing oleh Bapak Ikhsan SH, MH selaku Dosen Pembimbing Lapangan serta dibantu anggota pembimbing lain nya yaitu Prof. Dr Sujianto, M.Si , Bunga Chintia Utami S.IP.,ME , Khairul Amri, S.Sos.,M.Si dan Syofian S.Sos.,M.Si

Kegiatan Pengabdian ini beranggota 10 orang yaitu M.Ridwan (FISIP), Irmansyah (FAPERTA), Tutut Pujayanti (FISIP), Icha Khinanty (FISIP), Andra Patria Saputra (FISIP), Suci Putri Imarni (FAPERTA),Dwi Feby Aidilla (FAPERTA), Firnanda (FISIP) dan Ratna Juniarti Jusri (FMIPA). (Tribunpekanbaru.com / Ril)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved