Breaking News:

Lonjakan Corona di Riau

Dua Hari Bertambah Ratusan Kasus Baru Covid-19 di Riau, Apa Penyebabnya?

Kasus pasien positif Covid-19 di Riau terus melonjak tajam. Selasa (31/8/2020) ada penambahan 107 kasus pasien positif Covid-19 di Riau.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ilham Yafiz
DOKUMENTASI TRIBUN PEKANBARU / THEO RIZKY
Tenaga Medis melakukan swab tes di Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kasus pasien positif Covid-19 di Riau terus melonjak tajam. Selasa (31/8/2020) ada penambahan 107 kasus pasien positif Covid-19 di Riau.

Dengan adanya penambahan 107 kasus baru tersebut maka saat ini total kasus pasien positif Covid-19 di Riau mencapai 1.846 kasus.

Sedangkan, pasien sembuh bertambah 43 orang menjadi 1.008 orang. Kemudian, kasus meninggal akibat Covid-19 di Riau terdapat penambahan 4 kasus menjadi 34 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (31/8/2020) mengungkapkan, terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 ini disebabkan karena ada peningkatan tes swab yang dilakukan Satgas kepada masyarakat dan pegawai serta karyawan perusahaan.

Ditambah lagi, banyanya tes swab mandiri yang dilakukan perusahaan atau masyarakat.

"Jadi swab di Riau semakin banyak dilakukan, dengan demikian jumlah warga yang diketahui terkena COVID-19 semakin banyak. Baik swab yang dilakukan Pemprov Riau, perusahaan, atau mandiri, sehingga jumlahnya semakin meningkat," kata Mimi.

Tabel sebaran Covid-19 hari ini, Senin (31/8/2020), Riau tambah 107 orang positif Covid-19.
Tabel sebaran Covid-19 hari ini, Senin (31/8/2020), Riau tambah 107 orang positif Covid-19. (istimewa)

Bertambah 26 Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Siak, 3 Pasien Dinyatakan Sembuh

Pentolan PAN Rohul Diusung Partai Golkar dan PPP pada Pilkada Rohul 2020, DPW PAN Riau Gelar Pleno

Inilah Sosok Ovi Dian, Wanita Kaya Raya Usia 20 Tahun, Punya Lapangan Golf & Masjid di Rumahnya

Dia mengatakan banyak pasien positif COVID-19 yang bukan berasal dari kontak erat pasien sebelumnya. Menurutnya, hal ini menunjukkan penyebaran COVID-19 yang meluas.

Mimi menegaskan, sepanjang protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik, maka penyebaran Covid-19 di Riau semakin banyak.

"Semakin banyak kita lakukan swab, bisa saja kasusnya akan terus bertambah. Tapi tak apa-apa, karena semakin banyak yang diketahui lebih bagus, karena deteksinya akan lebih cepat. Biar nanti banyak semabaran, kemudian melandai-melandai akhirnya statis," katanya.

Selain banyaknya pemeriksaan Mimi mengatakan peningkatan positif COVID-19 di Riau dipicu oleh tidak disiplinnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan secara umum di Riau dinilai masih rendah.

"Iya, masih banyak yang tidak menggunakan masker, coba lihat di jalan itu, banyak yang pakai motor tapi tidak pakai masker. Baik yang jalan kaki, yang nongkrong di kafe-kafe banyak yang tidak pakai masker, termasuk di pasar. Liat sendiri saja lebih banyak yang tidak pakai masker dari yang pakai," kata Mimi.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved