Breaking News:

Jumat Ini Sidang Dugaan Korupsi Rp 10,4 M di Kuansing Digelar

Persidangan sendiri digelar secara daring sebab masih pandemi Covid-19. Ada lima tersangka dalam kasus rasuah ini.

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Palti Siahaan
Lima tersangka (pakai rompi merah jambu) Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Kuansing anggaran APBD 2017 digiring ke mobil tahanan untuk dijebloskan ke penjara pada Selasa sore (20/7/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Kasus dugaan korupsi Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Kuansing anggaran APBD 2017 dimana kerugian negara diperkirakan Rp 10,4 Miliar akan memasuki babak baru. Jumat ini (4/9/2020), persidangan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru akan dimulai.

"Jumat tanggal 4 jam 14.00 WIB sidang dimulai," kata kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing Hadiman SH, MH melalui Kasi Pidsus Roni Saputra SH, Rabu (2/9/2020).

Persidangan sendiri digelar secara daring, sebab masih pandemi Covid-19. Ada lima tersangka dalam kasus rasuah ini.

Panitera Muda (Panmud) Pengadilan Tipikor PN Pekanbaru, Rosdiana Sitorus SH kepada Tribunpekanbaru.com sebelumnya mengatakan hal yang sama terkait jadwal sidang. Pengadilan Tipikor PN Pekanbaru telah menunjuk majelis hakim yang akan memeriksa perkaranya.

"Majelis hakim sudah ditunjuk oleh Ketua (Pengadilan). Untuk hakim ketua pak Faisal SH, MH. Sedangkan hakim anggotanya Darlina Darwis SH, MH dan Rahman Silaen SH, MH," Rosdiana Sitorus SH.

Dia menambahkan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, persidangan digelar dengan skema video conference (Vidcon). "Sidang perdana hari Jumat (4/9/2020) mendatang. Digelar secara Vidcon," tuturnya.

Untuk 5 orang tersangka itu, berkas perkaranya dipecah menjadi 5 berkas dakwaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembuktian dalam persidangan.

Kasus ini sendiri menyeret mantan Plt Sekda Kuansing Muharlius yang ditetapkan sebagai tersangka. Muharlius selaku pengguna anggaran (PA) pada enam kegiatan tersebut.

Empat tersangka lainnya yakni M Saleh ; mantan Kabag umum Setda Kuansing dan selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada enam kegiatan tersebut. Verdy Ananta ; mantan bendahara pengeluaraan rutin di Setda Kuansing dan pada enam kegiatan tersebut.

Hetty Herlina ; mantan Kasubag kepegawaian Setda Kuansing dan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan pada lima kegiatan. Terakhir, Yuhendrizal ; mantan Kasubag tata usaha Setda Kuansing dan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan pada satu kegiatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved