Breaking News:

Pendaftaran Bapaslon Kepala Daerah

BREAKING NEWS: 4 Bapaslon Sudah Daftar & Dinyatakan Lengkap, KPU Pelalawan Tetap Buka Pendaftaran

Empat Bapaslon telah menyerahkan persyaratan pencalonan ke KPU sejak Jumat (4/9/2020) dan Sabtu (5/9/2020).

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebupaten Pelalawan Riau telah menerima berkas pendaftaran dari empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) hingga Minggu (6/9/2020) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Empat Bapaslon menyerahkan persyaratan pencalonan ke KPU sejak Jumat (4/9/2020) dan Sabtu (5/9/2020). 

Satu hari ada dua Bapaslon yang menyambangi KPU selama tahapan pendaftaran.

Jumlah itu sesuai dengan laporan yang diterima oleh komisi pemilihan dari masing-masing Liaison Officer (LO).

"Sampai saat ini kita sudah menerima berkas pendaftaran dari empat Bapaslon. Meski semua sudah mendaftar, kita tetap melayani pendaftaran," terang Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi, kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (6/9/2020).

KPU, kata Wan Kardiwandi, membuka pelayanan pendaftaran hingga pukul 00.00 WIB, walaupun semua Bapaslon telah mendaftar.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya Bapaslon lain yang hendak mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan penyelenggara, berkas persyaratan pencalonan dan calon yang boyong Bapaslon ke KPU dinyatakan lengkap.

Mulai dari persyaratan pribadi Bakal Calon (Balon) bupati dan wakil bupati hingga dukungan Partai Politik (Parpol).

Namun pihaknya akan melakukan ke tahap verifikasi berkas-berkas yang diajukan para calon peserta Pilkada ini. Untuk meneliti keabsahan setiap dokumen sebelum pesta demokrasi satu kali dalam lima tahun itu dimulai.

"Tahapan penelitian berkas akan kita lanjutkan nanti. Jadwalnya telah ditentukan melalui PKPU," tandas komisioner KPU yang sudah menjabat selama dua periode ini.

Adapun Bapaslon mendaftar pada Jumat (4/9/2020) yakni Zukri-Nasarudin sekitar pukul 13.30 WIB. Pasagan ini diusung PDI Perjuangan lima kursi, PPP dua kursi, dan PKB tiga kursi.

Kemudian Bapaslon Abu Mansur Matridi-Habibi Hapri yang mendaftar pukul 14.50 WIB. Pasngan ini didukung oleh PAN lima kursi, PKS dua kursi, Hanura dua kursi, Perindo non parlemen, Berkarya non parlemen, dan Golora non parlemen

Bapaslon yang mendaftar pada Sabtu (5/9/2020) yakni Husni Thamrin-Tengku Edy Sabli pada pukul 09.30 WIB. Pasangan ini didukung Partai Gerindra empat kursi, Partai Demokrat tiga kursi, dan Partai Nasdem non parlemen.

Kemudian Adi Sukemi-Muhammad Rai yang mendaftar pukul 10.40 WIB dan didukung oleh Partai Golkar memilik sembilan kursi, Partai Berkarya non parlemen, Partai Bulan Bintang non parlemen, dan PKPI non parlemen. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved