Breaking News:

Siak

Jadi Lumbung Covid-19, Pemkab Siak Usulkan PSBB untuk Kecamatan Tualang

Pemberlakuan PSBB ini selama 14 hari. Tim gugus tugas akan melaksanakan patroli setiap saat.

TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Seorang petugas medis di posko cek point Kerinci Kanan memeriksa suhu tubuh Bupati Siak Alfedri, Selasa (26/5/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Banyaknya kasus positif Corona di kecamatan Tualang, kabupaten Siak membuat Pemkab Siak bergerak cepat. Mulai dari pengetatan protokol kesehatan, hingga mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono mengatakan, usulan PSBB khusus untuk kecamatan Tualang sudah dilayangkan ke pemprov Riau. Pemkab Siak menunggu Surat Keputusan (SK) gubernur untuk pemberlakuannya.

"Kalau SK sudah turun, otomatis kita umumkan pemberlakuan PSBB di Tualang. Skemanya sama dengan yang lalu, seperti tidak dibolehkannya keluar rumah, diberlakukannya jam malam dan pengaturan untuk rumah makan, restoran dan cafe," kata Budhi, Senin (7/9/2020).

SELAMAT, Arfan Usman Terpilih Jadi Sekda Kabupaten Siak Riau, Selasa Besok Dilantik

Pemberlakuan PSBB ini selama 14 hari. Tim gugus tugas akan melaksanakan patroli setiap saat.

Pengaturan untuk rumah makan, restoran dan kafe adalah tidak diperbolehkan tamu makan di tempat. Pesanan harus dibungkus dan menjaga jarak antrian saat membeli.

"Pengusulan PSBB untuk kecamatan Tualang ini sudah berdasarkan kajian dan rapat gugus tugas. Sebab, kasus Covid-19 terbanyak di kabupaten Siak berada di kecamatan Tualang ini," kata dia.

Dugaan Tipikor Penerbitan IUP PT DSI, Kejari Siak Sudah Periksa Sejumlah Pejabat dan Mantan Pejabat

Tujuan diberlakukan PSBB itu untuk menekan angka kasus positif Covid 19 serta memutus mata rantai penyebarannya. Stakeholder di kecamatan Tualang diminta ikut membantu menyukseskan pelaksanaan PSBB.

"Pemberlakuan PSBB ini sekaligus mengetatkan pelaksanaan protokol kesehatan. Warga harus memakai masker saat keluar rumah. Jika tidak ada urusan penting dan mendesak maka tidak diperbolehkan keluar," kata dia.

Namun demikian, Budhi belum tahu komplimen yang mesti diterima masyarakat jika tidak diperbolehkan keluar rumah. Data bantuan BST atau BLT tetap berjalan di kabupaten itu.

3 Bapaslon daftar ke KPU Siak pada Hari Pertama, Petahana dan Dua Penantang, KPU: Berkas Memenuhi

Untuk diketahui, kasus positif Covid 19 di kabupaten Siak mencapai 445 orang. Sebanyak 140 dirawat, 253 sehat dan sudah dipulangkan, 44 isolasi mandiri dan 8 orang meninggal dunia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved