Breaking News:

Sia-sia Jinap Tiarap di Kandang Kambing, Pencuri Kayu Jati Pasrah Ditangkap Polhut

Pelaku tak hanya melakukan pencurian namun juga sebagai penadah kayu curian dari hutan. Kayu tanpa dokumen dari Perhutani itu dijual ke Pasuruan

surya/imam taufiq
Pelaku yang mengenakan baju putih diamankan petugas gabungan, Polhut dan Polsek Binangun, Senin (7/9). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Penangkapan pelaku pencurian kayu jati, Jinap (50), warga Dusun Kedungdowo, Desa Kedungwungu, Kecamatan Binangun, berlangsung dramatis.

Mulanya Jinap berhasil menyelinap lewat belakang rumahnya, Senin (7/9/2020), tetapi ternyata sudah terkepung dan akhirnya ia ngumpet di kandang kambing.

Tetapi bersembunyi di kandang kambing pun, Jinap tetap ketahuan. Ia sampai tiarap di antara kambing-kambing agar tidak terlihat namun petugas mengetahuinya.

VIDEO Viral Aksi Pencurian Gas 3 Kg di Sebuah Toko Kelontong, Sempat Dipergoki Warga Pulang Sholat

Pria bertubuh gemuk itu pun dibekuk di kandang kambing di belakang rumahnya. "Ayo, mau kemana," ujar petugas saat memergoki pelaku mengendap di kandang kambing.

Saat itu juga, pelaku diamankan dan dibawa ke Polsek Binangun. Termasuk barang bukti 28 gelondong kayu jati curian berukuran 3 meter, yang akan dijual ke Pasuruan.

"Semua kayu itu tak ada suratnya karena didapat dari mencuri di hutan. Sementara di depan rumahnya juga ditemukan kayu serupa, yang diduga dari membeli," ujar Sarman, Wakil Adm Perhutani Blitar.

Mantan Anggota DPRD Gunungkidul ini Buat Malu Saja, Dipolisikan Nenek-nenek Karena Pencurian Pisang

Diduga pelaku tak hanya melakukan pencurian namun juga sebagai penadah kayu curian dari hutan. Kayu tanpa dokumen dari Perhutani itu dijual ke Pasuruan.

"Sepertinya ia sering dapat pesanan kayu dari pengusaha mebel. Akhirnya kayu curian itu ia beli, lalu dijual kembali," papar Sarman.

Terungkapnya kasus itu berawal ketika petugas menemukan tumpukan kayu di pinggir hutan, sekitar 1 KM dari rumah pelaku. Tumpukan kayu itu ditutupi daun pisang keting di perbatasan antara lahan Perhutani dan lahan warga.

"Petugas melakukan penyelidikan dan mengarah kepada pelaku. Karena itu petugas gabungan (Polhut dan Polsek Binangun) mendatangi rumah pelaku," ungkapnya.

Terekam CCTV Pencurian Motor di Puskesmas Pangkalan Kerinci, Pelaku Pura-pura Menelepon Saat Beraksi

Agar pelaku tidak curiga, petugas dibagi dua tim. Di mana dua petugas berpura-pura bertamu, sedangkan empat lainnya mengepung di belakang rumahnya.

Saat datang, petugas ditemui istri pelaku. Sedangkan pelaku tidak terlihat. Pelaku diduga sudah curiga sehingga mencoba kabur dengan lewat belakang rumahnya.

Namun tak disangka, saat mengendap-endap di dekat kandang kambing di belakang rumahnbya, petugas langsung menyergapnya.

"Pengakuan pelaku, sebagian kayu dicuri dari hutan Jajagan yang berjarak sekitar 6 KM dari rumahnya. Untuk mengeluarkan kayu curian dari hutan, ia mengangkutnya dengan sepeda motor di malam hari," pungkas Sarman. (*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Rumah Dikepung Polhut, Pencuri Kayu Jati di Blitar Tiarap di Kandang Kambing, 

Editor: CandraDani
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved