Breaking News:

Pilkada Serentak 2020 di Riau

Bawaslu Riau Ancam Ajukan Pengunduran Pilkada Bila Paslon Tetap Bandel

Bawaslu menyayangkan sikap pasangan bakal calon saat proses pendaftaran yang tidak patuh dengan protokol kesehatan.

tribun
Bawaslu 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyayangkan sikap pasangan bakal calon saat proses pendaftaran yang tidak patuh dengan protokol kesehatan.

Bahkan Bawaslu mengancam akan mengajukan pengunduran jadwal Pilkada bila Paslon tetap tidak patuh dengan aturan protokol kesehatan.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, menurutnya apa yang dilakukan mayoritas bakal calon saat pendaftaran dan deklarasi lalu menyalahi protokol kesehatan dengan membuat kerumunan.

"Kita dari Bawaslu sangat menyayangkan sekali karena hampir mayoritas Paslon membuat kerumuman dan mengumpulkan masyarakat serta adanya arak-arakan saat pendaftaran Paslon lalu,"ujar Rusidi Rusdan kepada tribunpekanbaru.com Rabu (9/9/2020).

Menurut Rusidi Rusdan apa yang dilakukan Paslon tersebut menggambarkan sikap ketidakpatuhan kepada aturan yang sudah dibuat.

"Kami mendukung teguran dari Kemendagri terhadap kepala daerah yang saat mendaftar lalu membuat kerumunan," ujar Rusidi Rusdan.

Untuk itu lanjut Rusidi kedepannya bila masih dilakukan pelanggaran lainnya dengan mengumpulkan masyarakat dan tidak patuh pada protokol kesehatan saat kampanye nanti, pihaknya tidak akan segan-segan melaporkan ke pihak Kepolisian.

"Bahkan kami juga akan ajukan pengunduran pelaksanaan Pilkada karena ini bisa menimbulkan kluster batu penyebaran covid bila tidak patuh," ujarnya.

Memang khusus untuk pengawasan saat pendaftaran lalu, pihak Bawaslu hanya bertanggungjawab untuk pengawasan di saat pendaftaran di dalam ruangan, sedangkan di luar ruangan dan deklarasi belum ada tanggungjawab dari pengawasan.

"Itu tidak ada pelanggaran Pilkada, cuma masuk dalam pelanggaran lainnya dan bersifat penanganan hukum di Kepolisian," jelas Rusidi Rusdan. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved