Breaking News:

Pilkada Serentak 2020 di Riau

PEMILIH Pilkada Serentak 2020 di Riau Pakai Sarung Tangan di TPS, Ada Bilik Khusus Suhu Badan Tinggi

Jadi kita sediakan sarung tangan untuk sekali pakai, begitu selesai langsung dibuang ke tong sampah yang disediakan,"ujar Joni Husaidi kepada tribun

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
PEMILIH Pilkada Serentak 2020 di Riau Pakai Sarung Tangan di TPS, Ada Bilik Khusus Suhu Badan Tinggi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menghadapi Pilkada di tengah kondisi covid-19 tahun ini berbagai cara dilakukan KPU untuk melindungi masyarakat dari ancaman penularan covid.

Terutama disaat melakukan pemungutan suara di TPS nanti, seluruh pemilih menggunakan sarung tangan saat mencoblos.

Demikian dikatakan Komisioner KPU Riau Divisi Tekhnis Joni Husaidi, menurutnya setiap TPS akan disediakan sarung tangan untuk sekali pakai bagi setiap pemilih yang masuk ke bilik suara.

"Jadi kita sediakan sarung tangan untuk sekali pakai, begitu selesai langsung dibuang ke tong sampah yang disediakan,"ujar Joni Husaidi kepada tribunpekanbaru.com Rabu (9/9/2020).

Menurut Joni Husaidi selain menggunakan sarung tangan plastik, pemilih juga nanti untuk memberikan tanda sudah memilih gunakan tinta dengan alat cotton Bud (lidi kapas).

"Jadi harus menggunakan cotton Bud setelah memilih, dan setelah dipakai langsung dibuang,"ujar Joni Husaidi.

Joni menambahkan untuk bilik suara juga kemungkinan akan ditambah jumlahnya dari standar biasanya, tidak itu saja ukuran TPS juga dibesarkan.

"Ada juga bilik khusus bagi masyarakat yang datang ke TPS dengan suhu tubuh tinggi, dan bagi yang mengalami batuk juga, ini untuk menjaga hak suara pemilih,"ujar Joni Husaidi.

Sebagaimana diketahui setiap TPS juga jumlahnya dibatasi maksimal 500 orang, sedangkan seluruh petugas juga akan menjalani rapid tes sebelum bertugas di TPS nantinya. (Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved