Breaking News:

Virus Corona

6 Kabupaten Kota di Riau Masuk Zona Merah Covid-19, Pemprov Minta Penegakan Hukum Harus Dijalankan

Pergub penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Riau sudah disahkan

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
SIDANG - Warga pelanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sedang mendengarkan keputusan hakim saat menjalani perkara sidang pelanggaran PSBB di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Selasa (12/5/2020). Dari keputusan hakim, warga tersebut dikenakan denda sebesar Rp 200 ribu atau kurungan penjara selama 1 bulan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masuknya enam kabupaten kota di Riau dalam zona merah penularan Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau kembali mengingatkan Pemerintah Kabupaten Kota agara segara menjalankan Peraturan Gubernur Riau untuk mendisiplinkan protokol kesehatan kepada masyarakatnya.

Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Riau sudah disahkan, sejak Selasa (8/9/2020) lalu.

Dalam Pergub tersebut diatur secara jelas terkait penegakan hukum yang ditujukan kepada perorangan, pelaku usaha maupun penyedia tempat dan fasilitas umum.

GAWAT, Jumlah Anggota DPRD Riau yang Positif Covid-19 Bertambah, Kini Ada Total Enam Orang

Dalam Pergub tersebut dijelaskan secara rinci soal denda administratif bagi perorangan yang melanggar protokol kesehatan, yakni dikenakan sebesar Rp250.000.

Sedangkan denda administratif bagi pelaku usaha untuk pelanggaran pertama dikenakan denda sebesar Rp1.000.000, untuk pelanggaran kedua dikenakan denda sebesar Rp2.500.000 dan untuk pelanggaran ketiga dikenakan denda sebesar Rp5.000.000 serta penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Gawat, 6 Kabupaten Kota di Riau Zona Merah Covid-19 , Ahli Epidemiologi: Segera Berlakukan PSBM

"Harus mendisiplinkan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, sering cuci tangan, hindari keramaian, jaga jarak. Inilah yang harus ditekankan kabupaten kota kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provisi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Jumat (11/9/2020).

Mimi mengatakan, saat ini di Provinsi Riau, ada 6 Kabupaten Kota yang masuk dalam zona merah. Setelah terjadinya peningkatan kasus positif setiap harinya.

Pelalawan Zona Merah Covid-19, Diskes Pelalawan : Ruang Isolasi Cukup, Terapkan Protokol Kesehatan

“Ya ada 6 Kabupaten Kota masuk zona merah dan beresiko tinggi menyebarnya Covid-19, daerah tersebut diantarahya, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, dan Kampar,” ujarnya.

Seperti diketahui, peta zonasi Pandemi Covid-19 di Provinsi Riau mengalami lonjakan tajam. Berdasarkan data yang dirilis oleh kementrian kesehatan RI, setidaknya ada enam kabupaten kota di Riau yang masuk dalam zona merah.

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Meranti Hentikan Belajar Tatap Muka di Kecamatan Tebingtinggi

Enam kabupaten kota yang dimaksud adalah, Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi (Kuansing), Siak dan Kampar. Sedangkan sisanya ada yang zona orang dan kuning. Kabupaten yang masuk zona orange diantaranya Rokan Hulu dan Bengkalis serta Kepulauan Meranti. Sedangkan yang zona kuning adalah kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Rokan Hilir.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved