Breaking News:

Virus Corona

Pelalawan Berstatus Zona Merah, Hari Ini Tambah 35 Pasien dan Total Warga Positif Corona 271 Orang

Hari ini pasien positif Covid-19 di Pelalawan bertambah 35 orang. Itu sesuai dengan hasil pemeriksaan sampel swab test dari laboratorium yang diterima

Istimewa
Data sebaran Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, Sabtu 12 September 2020 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kabupaten Pelalawan ditetapkan berstatus zona merah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan diumumkan gugus tugas Provinsi Riau sejak Kamis (10/9/2020) lalu.

Status yang sebelumnya zona orange meningkat jadi zona merah akibat penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah terus.

Lonjakan kasus sangat drastis setiap hari berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan secara massal. Saat hasilnya keluar dari laboratorium dinyatakan terinfeksi virus corona.

Pertama Kali di Indonesia, Suami Istri dan Anaknya Meninggal Dunia Berbarengan Akibat Covid-19

Bahkan hari ini, Sabtu (12/9/2020), terjadi ledakan kasus positif yang besar yakni sebanyak 35 orang. Jumlah ini menjadi penambahan tertinggi selama pandemi Covid-19 terjadi sekaligus menjadi penyumbang terbesar kedua se-Provinsi Riau.

"Hari ini pasien positif Covid-19 di Pelalawan bertambah 35 orang. Itu sesuai dengan hasil pemeriksaan sampel swab test dari laboratorium yang kita terima," terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, H Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Sabtu (12/9/2020).

Asril menjelaskan, pasien positif Covid-19 ini bertambah akibat tracing contac dari pasien positif sebelumnya. Setelah hasil swab test keluar, barulah dinyatakan positif Corona.

Positif Covid-19 di Pekanbaru Plus 53 Kasus, Total 1.359 Kasus, Pasien Diisolasi di Rumah Sehat

Kemudian ada yang berasal dari penelusuran pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Keluarga maupun sanak saudara yang kontak dengan pasien meninggal dunia itu diperiksa dan ternyata telah tertular virus tersebut.

Sebagian pasien lainnya juga terdeteksi lewat swab massal yang dilakukan perusahaan swasta yang beroperasi di Pangkalan Kerinci.

Perusahaan tersebut mewajibkan karyawan yang pulang cuti untuk menjalani swab test sebelum kembali bekerja. Jika positif corona langsung diisolasi, termasuk keluarga yang bersangkutan.

Aturan wajib swab juga diterapkan bagi pekerja yang baru diterima bekerja. Sebelum bergabung di daerah operasional perusahaan harus mengantongi hasil uji usap yang negatif.

KAMPAR Masuk Zona Merah Covid-19, Bupati Tencanakan PSBM, Perbub Protokol Kesehatan Disosialisasikan

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved