Breaking News:

Polemik Pasukan Rajawali, Pasukan Khusus Badan Intelijen Negara

Pasukan Intelijen Khusus Rajawali dipamerkan pada saat peresmian patung Bung Karno serta inagurasi peningkatan statuta Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Editor: rinalsagita
Tribunpekanbaru.com
Pasukan Khusus Rajawali 

Polemik Pasukan Rajawali Badan Intelijen Negara (BIN)

Willy Lesmana Putra
Willy Lesmana Putra (istimewa)

Oleh : Willy Lesmana Putra
Pemerhati Militer& Intelijen dan Pendiri Lembaga Pusat Kajian dan Riset Poetra Nusantara

BELAKANGAN ini heboh pemberitaan yang menghiasi layar kaca, media cetak serta media elektronik di Indonesia terkait adanya pasukan khusus Rajawali bentukan Badan Intelijen Negara.

Pasukan Intelijen Khusus Rajawali dipamerkan pada saat berlangsungnya acara peresmian patung Bung Karno serta inagurasi peningkatan statuta pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Rabu 09 September 2020.

Pro dan kontra terjadi karena lahirnya pasukan tersebut dinilai oleh beberapa pihak tidak sesuai dengan tugas dan fungsi Badan Intelijen Negara dan menjadi viral karena salah satu sumbernya berasal dari postingan media sosial Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo yang pada saat itu menjadi salah satu tamu undangan.

BIN, Dalam Perspektif Peran, Tugas dan Fungsi

Badan Intelijen Negara berperan dalam menjaga stabilitas serta kondusifitas politik, hukum, keamanan, ekonomi, sosial dan budaya.

Jika dilihat dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, Badan Intelijen Negara atau yang disingkat BIN adalah sebuah lembaga negara yang berfungsi melakukan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan (LidPamGal)dalam rangka kepentingan dan keamanan nasional.

Badan Intelijen Negara bertugas sebagai alat negara yang menyelenggarakan fungsi serta kegiatan intelijen baik didalam maupun luar negeri (pasal 10 ayat (1) dan pasal 29 UU No. 17 thn 2011)

Untuk melaksanakan tugasnya, Badan Intelijen Negara (BIN) memiliki wewenang yang salah satunya Membentuk Satuan Tugas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved