Breaking News:

Video Berita

Video: Cegah Keramaian, KPU Kepulauan Meranti Siapkan Siaran Langsung Pencabutan Nomor Urut

Menjadi perhatian pihak KPU dan pihak keamanan saat kegiatan adalah kerumunan masyarakat yang berpotensi melanggar protokol kesehatan.

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: aidil wardi

TRIBUNPEKANBARU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya menjelang pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil bupati Kepulauan Meranti yang akan bertarung Desember 2020 mendatang.

Seperti diketahui pencabutan nomor urut akan dilakukan pada Kamis (24/9/2020) pagi bertempat di Grand Meranti Hotel, jalan Kartini Selatpanjang pukul 08.30 WIB.

Hal yang menjadi perhatian pihak KPU dan pihak keamanan saat kegiatan adalah kerumunan masyarakat yang berpotensi melanggar protokol kesehatan.

Karena euforia pencabutan nomor urut biasanya dihadiri banyak orang pendukung dari masing-masing calon.

VIDEO: Sewa Dua Hotel di Pekanbaru Untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Video: Karena Satu Pasangan Positif Covid-19, KPU Kepulauan Meranti Hanya Tetapkan 3 Paslon Saja

DPRD Pekanbaru: Dinas Wajib Bawa Renja Saat Hearing Dengan DPRD Bahas APBD Perubahan 2020

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengatakan untuk mengantisipasi hal ini pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stake holder terkait agar bersama-sama menjaga protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

"Kota sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang menurut kami sudah fix, kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal pengamanan, kita sudah berkoordinasi dengan gugus tugas atau satgas Covid dalam hal pencegahan protokol Covid 19 dan agar pelaksanaan besok lebih lancar," ujar Abu Hamid Rabu (23/9/2020).

Dirinya berharap saat kegiatan pencabutan nomor urut agar pasangan calon serta masanya tidak berkerumun ramai di lokasi kegiatan.

"Kami mengharapkan kepada calon yang sudah kami tetapkan agar tidak mengikutsertakan masanya pada saat pencabutan nomor urut," ujar Abu.

Dirinya mengatakan sebagai langkah antisipaai pihaknya akan menyiarkan tayangan langsung pencabutan nomor urut melalui platform media sosial Facebook.

"Cukuplah menyaksikan secara live yang akan kami siarkan melalui Facebook, Facobooknya itu KPU Kabupaten Kepulauan Meranti. Jadi bisa disaksikan melalui itu," terang Abu.

Abu menambahkan hingga saat ini belum ada sanksi yang bisa ditetapkan bagi pasangan calon apabila masanya melakukan pelanggaran protokol kesehatan. Namun kemungkinan dikatakannya ke depan akan ada regulasi terhadap sanksi akan hal tersebut.

"Regulasi itu sedang dibuat, jangan sampai ketika ada kerumunan terjadi dan itu dicatat sebuah pelanggaran, kemudian disaat yang sama ditetapkan pula sanksinya.

Kita tidak tahu, bisa saja sanksi terberatnya itu diskualifikasi, inikan cukup merugikan (pasangan calon)," jelasnya.

(Tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved