Breaking News:

Penyidikan Tipikor Rampung, Wabub Bengkalis Non Aktif Muhammad Dilimpahkan ke JPU Kejati Riau

Tahap II dilaksanakan setelah berkas tersangka dinyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa peneliti Pidana Khusus (Pidsus) Polda Riau.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ilham Yafiz
TRIBUN PEKANBARU / RIZKY ARMANDA
Tersangka Muhammad digiring ke Ditreskrimsus Polda Riau, Kamis (24/9/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan dan pemasangan pipa transmisi PDAM di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) senilai Rp 3,4 miliar, Muhammad, menjalani proses tahap II, Kamis (24/9/2020).

Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis non aktif tersebut, berikut barang bukti dalam perkara ini diserahkan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau ke jaksa penuntut umum (JPU).

Tampak Muhammad mengenakan baju tahanan warna oranye, digiring dari sel tahanan Mapolda Riau di Jalan Jenderal Sudirman, ke Kantor Ditreskrimsus Polda Riau di Jalan Gajah Mada. Proses tahap II dilaksanakan di sana.

Tahap II dilaksanakan setelah berkas tersangka dinyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa peneliti Pidana Khusus (Pidsus) Polda Riau.

"Proses tahap II siang ini untuk tersangka M ( Muhammad,red) masih berlangsung. Tim jaksa sudah datang ke sini, sudah berkoordinasi dengan kita," jelas Kombes Pol Andri Sudarmadi, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

"Berkas sudah diteliti, dinyatakan lengkap beberapa hari lalu. Dan hari ini, hasil koordinasi kita lakukan tahap II," sambung dia lagi.

Berita Foto: Digiring dari Tahanan ke Ditreskrimsus Polda Riau, Muhammad jalani Tahap II

GAWAT, Ada Kluster Tempat Hiburan Malam, Potensi Covid-19 Menular Lebih Banyak

Dipaparkan mantan Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Riau ini, dalam proses tahap II ini, Muhammad melengkapi proses administrasi dan pemeriksaan kesehatan.

Tersangka juga turut didampingi oleh penasehat hukumnya.

"Proses tahap II dimulai sekitar pukul 10.00 WIB atau 10.30 WIB tadi. Kalau administrasi sudah selesai, dan rekan-rekan jaksa juga, baru nanti dibawa lagi ke sel tahanan Polda Riau," urainya.

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejati Riau, Muspidauan saat dikonfirmasi, membenarkan adanya proses tahap II yang dilakukan di Polda Riau.

Diungkapkannya, setelah ini JPU akan menyusun surat dakwaan Plt Bupati Bengkalis nonaktif sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. 

Nantinya, perkara tersebut bakal ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hilir. Karena, tempat kejadian perkaranya di berada di Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Parit tersebut.

Jauh-jauh Terbang Hanya untuk Menikahi Brondong, Nenek Ini Malah Masuk Jebakan, Begini Jadinya

Naik Helikopter Perusahaan, Ketua KPK Firli Bahuri Dinyatakan Langgar Kode Etik, Saya Mohon Maaf

 "JPU akan menyusun surat dakwaan, sebelum berkas perkara dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan," terang Muspidauan.

Nama Muhammad mencuat dan diduga terlibat korupsi, berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved