Breaking News:

Al Quran

Bacaan Surat Al Kahfi dan Yasin Lengkap dalam Bahasa Arab dan Artinya, Keutamaan Membaca Surat Yasin

Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi merupakan Surat ke-18 dalam Al Quran yang terdiri atas 110 ayat.

Editor: Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi merupakan Surat ke-18 dalam Al Quran yang terdiri atas 110 ayat.

Sementara Surat Yasin merupakan surat ke-36 yang berisi 83 ayat.

Di masyarakat muslim Indonesia, Surat Yasin termasuk amalan bacaan populer.

Membaca Surat Yasin dan Surat Al Kahfi memiliki banyak keutamaan, berikut diantaranya:

Keutamaan Baca Surat Yasin

1. Diampuni Dosa

Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca  Surat Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Dianggap mati syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik). 

3. Mempermudah segala urusan

Membaca Surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya.

“Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hai, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

4. Segala hajat dikabulkan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved