Breaking News:

Video Berita

VIDEO: 25 Peternak Lebah di TNBT Dapat Pelatihan dari Litbang Kemen LHK

Ia menuturkan terdapat 11 kelompok pembudidaya lebah kelulut yang dibina oleh Balai TNBT semenjak tahun 2018 lalu.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Balai Pelatihan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) memberangkatkan 25 orang peternak lebah trigon SP atau lebah kelulut ke Kuok, Kabupaten Kampar pada Senin (28/9/2020) pagi. 25 orang peternak lebah tersebut akan mengikuti pelatihan di pusat penelitian dan pengembangan (Litbang) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selama tiga hari.

Pelepasan peserta pelatihan dipimpin langsung oleh Kepala Balai TNBT Inhu, Fifin Arfiana Jogasara. Ia menuturkan dengan pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan kemampuan para peternak lebah dalam melakukan budidaya lebah trigona sp sebagai penghasil madu kelulut. "Pelatihan ini untuk optimalisasi dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas madu," katanya.

Ia menuturkan terdapat 11 kelompok pembudidaya lebah kelulut yang dibina oleh Balai TNBT semenjak tahun 2018 lalu. Delapan kelompok berada di dalam kawasan dimana anggotanya merupakan warga suku asli Talang Mamak. Sementara tiga kelompok berada di luar kawasan yang memiliki anggota dari Suku Melayu Tua serta masyarakat pendatang. "Masing-masing kelompok dipilih dua orang untuk mengikuti pelatihan ditambah perwakilan dari BUMDes Rantau Jaya, Desa Rantau Langsat," katanya.

Fifin berharap dengan pelatihan tersebut para petani bisa memanjemen koloni lebah lebih baik. Sehingga hasilnya diharapkan hasil madu kelulut lebih maksimal.

Menurut Fifin, pembinaan terhadap kelompok tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya penyelematan kawasan TNBT. Sebab menurutnya masyarakat di sekitar kawasan bisa menjadi potensi atau ancaman. Oleh karena itu dengan pembinaan dan pendekatan yang baik, diharapkan bisa menjaga kelestarian kawasan. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved