Breaking News:

Pelalawan

HP dan Sajam Digerinda, Narkoba Dibakar, Pemusnahan Barang Bukti 55 Perkara di Kejari Pelalawan

Sebagian besar Barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam wadah,benda tajam, handphone, maupun benda lainnnya dipotong menggunkan gerinda

Istimewa
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pelalawan Riau memusnahkan barang bukti perkara yang telah ditangani selama tahun 2020 ini pada Kamis (8/10/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pelalawan Riau memusnahkan barang bukti perkara yang telah ditangani selama tahun 2020 ini pada Kamis (8/10/2020).

Pemusnahan Barang Bukti (Barbuk) kasus diselenggarakan di halaman kantor Kejari Pelalawan di Desa Makmur SP 6 Kecamatan Pangkalan Kerinci sekitar pukul 10.00 wib.

Barbuk yang dihanguskan berasal dari tindak pidana yang telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan.

"Perkaranya sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah di pengadilan dan telah mendapatkan vonis hakim," tutur Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejari Pelalawan, Marthalius, Kamis (8/10/2020).

Razia Masker di Pangkalan Lesung dan Kerumutan, Tim Hunter Bingal Covid-19 Pelalawan Jaring 23 Warga

11 Kecamatan Plenokan DPSHP Pilkada 2020, KPU Pelalawan Belum Bisa Prediksi Penambahan Data Pemilih

Pemusnahan Barbuk perkara pidana umum ini dihadiri perwakilan dari Polres Pelalawan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pelalawan, dan internal kejaksaan.

Adapun Barbuk yang dihapuskan sesuai aturan yakni 35 perkara narkotika dengan jumlah Barbuk 4,77 gram, satu perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan bukti potongan kayu bekas terbakar.

Kemudian 19 perkara Kamtibum dan Oharda dengan barang bukti parang, kasur, mancis, handphone, obeng, tas, dan lain-lain.

Sebagian besar Barbuk dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam wadah yang disiapkan.

Sedangkan untuk benda tajam, handphone, maupun benda lainnnya dipotong menggunakan gerinda serta menghancurkan menggunakan palu.

Dituding Tak Dukung Razia Masker oleh Kasatpol PP Pelalawan, Ini Jawaban PLT Camat Langgam

Kasusnya Viral, Kejiwaan Ayah Penganiaya Anak Kandung di Pelalawan Diperiksa, Ini Kata Polisi

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Pelalawan untuk menindaklanjuti putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Selain itu pelaksanaan pemusnahan barang bukti ini juga untuk memberikan kepastian hukum terhadap status barang bukti tersebut.

"Selain itu semakin lama, barang bukti akan menyusut jika disimpan di dalam gudang. Ini juga perintah dari undang-undang yang berlaku," tandas Marthalius. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved