Breaking News:

DPRD PEKANBARU: Waktu Tinggal Dua Bulan, DPRD Desak PUPR Perbaiki Jalan Rusak di Pekanbaru

Harapan masyarakat, agar Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR, agar segera memperbaiki jalan rusak tersebut, masih belum maksimal.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Musim penghujan yang mengguyur Kota Pekanbaru belakangan ini, menambah rusak beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru.

Harapan masyarakat, agar Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR, agar segera memperbaiki jalan rusak tersebut, masih belum maksimal.

Kondisi ini membuat kalangan legislator terus mendesak Dinas PUPR, supaya memperbaiki jalan-jalan yang rusak tersebut.

"Saya pikir tidak ada alasan bagi dinas untuk memperlambat perbaikan. Karena anggarannya sudah ada, lagi pun APBD Perubahan 2020 juga sudah disahkan pada akhir September lalu," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan Spd, Minggu (11/10/2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Kerusakan jalan yang menjadi tanggung jawab Pemko Pekanbaru, sampai hari ini masih dikeluhkan masyarakat. Kerusakan yang dimaksud, tidak hanya pada galian jaringan gas atau kabel optik, tapi kerusakan rutin di semua badan jalan.

Hal ini jika dibiarkan, bisa berakibat fatal yakni kecelakaan bagi pengendara. Apalagi di malam hari, yang notabenenya jalan tersebut tidak ada penerangan lampu jalan.

"Kemarin dalam hearing dengan Dinas PUPR, kita sudah sampaikan. Bahkan Kepala dinasnya sudah berjanji akan memperbaiki segera. Kita harapkan waktu yang tersisa ini, bisa segera diselesaikan semua jalan yang rusak tersebut," harapnya.

Bermaksud Turunkan Jangkar Saat Cuaca Buruk, ABK di Inhil Jatuh ke Sungai, Hingga Kini Masih Hilang

Berkreasi di Tengah Covid-19, Sulap Akar Kayu Jadi Kerajinan Unik Bernilai Tinggi

Remaja 17 Tahun Menyerahkan Diri ke Polisi karena Menusuk Petugas Keamanan Perusahaan di Bengkalis

Seperti diketahui, berdasarkan data yang diperoleh Komisi IV DPRD dari Dinas PUPR, panjang jalan di kota mencapai 2.117 KM. Dari jumlah tersebut, kondisi jalan yang rusak sekitar 38 persen.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution belum lama ini menerangkan, kerusakan jalan tersebut mulai rusak sedang hingga rusak berat. Bahkan sebagian besar jalan yang rusak, didominasi di daerah Kecamatan Tampan serta Tenayan Raya.

"Untuk jalan yang usak banyak di wilayah yang menjadi langganan banjir, seperti di Kecamatan Payung Sekaki. Karena musim hujan, jadi jalan berlubang," katanya.

Untuk gambaran saja, anggaran perbaikan dan pemeliharaan jalan dalam APBD Pekanbaru 2020 Rp 9 miliar. Diakuinya, nilai ini turun dari anggaran tahun 2019, yakni Rp 12 miliar.

PUPR tetap berkomitmen, perbaikan dan pemeliharaan jalan tetap diprirotaskan, meski kini masa pandemi covid-19.

"Jadi, untuk melakukan perbaikan jalan, dengan overlay atau pelapisan nilainya Rp 1 miliar, untuk satu kilometer jalan. Perbaikan ini kita dilakukan secara bertahap," janjinya.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved