Breaking News:

Pilkada Serentak 2020 di Riau

Bawaslu Sebut Sedang Proses 23 Pelanggaran Kampanye di Riau

Dari data yang ada di KPU, pasangan calon di sembilan Pilkada Kabupaten dan Kota sudah melakukan sebanyak 1.071 kampanye terbuka.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejak pelaksanaan masa kampanye 26 September 2020 lalu hingga Jumat (16/10/2020), terdapat 23 pelanggaran yang diproses Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sembilan Kabupaten dan Kota.

Dari data yang ada di KPU, pasangan calon di sembilan Pilkada Kabupaten dan Kota sudah melakukan sebanyak 1.071 kampanye terbuka.

Adapun 23 Pelanggaran yang diproses Bawaslu meliputi dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dugaan pelanggaran administrasi, serta dugaan pelanggaran pidana. 

Dengan rincian di Kabupaten Rokan Hilir 1 pelanggaran yakni pelanggaran netralitas ASN. Di Kabupaten Siak 2 Pelanggaran, 1 pelanggaran administrasi, dan 1 lagi pelanggaran netralitas ASN. 

Kemudian Kabupaten Pelalawan ada 3 pelanggaran,1 dugaan pelanggaran politik uang, 2 pelanggaran netralitas ASN, dimana satu pelanggarannya melalui media sosial dengan dugaan pelanggaran berupa terdapatnya postingan di akun  resmi Pemerintah Daerah (Pemda) yang menandai salah satu Pasangan Calon.

Baca juga: Data Final, Tidak Ada Lagi Perbaikan, Ini Rincian DPT Pilkada 2020 Kabupaten Kuantan Singingi

Baca juga: VIDEO: Elemen Masyarakat Kepulauan Meranti Serukan Pilkada Damai Melalui Gelaran Pawai Budaya

Hal tersebut diduga dilakukan oleh Pejabat ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Pelalawan.

Lalu di Kabupaten Kepulauan Meranti, terdapat 2 pelanggaran netralitas ASN, dan 1 pelanggaran lainnya. 

Untuk Kota Dumai, terdapat 3 pelanggaran netralitas ASN, dan 1 pelanggaran lainnya.

Di Kabupaten Kuantan Singingi terdapat 2 Pelanggaran netralitas ASN dalam bentuk postingan yang dibuat oleh kaur pemerintah, dan adanya anggota BPD yang memberikan izin kedainya atau warungnya dijadikan Posko salah satu Paslon.

Di Kabupaten Indragiri Hulu terdapat 8 Pelanggaran, yakni 5 pelanggaran kampanye tanpa STTP, dan 3 pelanggaran kampanye di luar ruangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved