Breaking News:

Inovasi Gojek di Masa Pandemi: Mengutamakan Protokol Kesehatan, Menyelamatkan Perekonomian

Adapun Gojek hadir pertama kali di Pekanbaru pada tahun 2017 dengan perkembangan layanan utama yang progresif.

Penulis: Firmauli Sihaloho | Editor: M Iqbal
tribunpekanbaru.com/firmauli sihaloho
Puluhan mitra Gojek (goride & gocar) bergantian mengunjungi Posko Aman Gojek Pekanbaru di Jalan Sudirman, Kamis (1/10/2020). Mereka bergiliran melakukan validasi akun, bahwa telah menjalani protokol kesehatan. Seperti pemeriksaan suhu, penyemprotan disinfektan, menerima hand sanitizier dan pemasangan separator atau divider. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan mitra Gojek (goride & gocar) bergantian mengunjungi Posko Aman Gojek Pekanbaru di Jalan Sudirman, Kamis (1/10/2020). Mereka bergiliran melakukan validasi akun, bahwa telah menjalani protokol kesehatan. Seperti pemeriksaan suhu, penyemprotan disinfektan, menerima hand sanitizier dan pemasangan separator atau divider.

Bagi mitra yang sudah memenuhi kriteria, Gojek akan menampilkan informasi pada aplikasi terkait suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mereka. Dengan begitu, pelanggan bisa memeriksa dan memilih akun driver yang sehat, aman dan bersih.

Fitur yang diluncurkan pada Juli lalu ini merupakan inovasi Gojek di masa pandemi dan pertama di Indonesia.

Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita​ mengatakan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau J3K ini dihadirkan tanpa ada biaya tambahan.

“Sejak awal pandemi, Gojek telah melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kesehatan pada setiap layanan. Memasuki tatanan hidup baru,  Gojek terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan kesehariannya dengan mengedepankan tiga aspek utama, yaitu kesehatan, kebersihan, dan keamanan. Inovasi ini kami rangkai dalam sebuah inisiatif besar yaitu J3K. Inisiatif ini kami hadirkan ​tanpa ada pembebanan biaya tambahan​ karena kami percaya bahwa rasa aman dan nyaman harus diberikan kepada setiap mitra, pelanggan, dan masyarakat luas,” kata Dia melalui siaran pers.

Nila melanjutkan pihaknya juga fokus mengembangkan layanan GoMed sehingga kini pelanggan dapat membuat janji melakukan rapid test COVID-19.

“Disamping itu, pelanggan juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, membuat janji tatap muka dengan dokter dan lain sebagainya yang terkait layanan kesehatan, bekerjasama dengan layanan Halodoc,”lanjutnya.

Sementara untuk mejaga rasa aman pelanggan terhadap kebersihan layanan Gofood, Gojek menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. Mitra GoFood diimbau untuk menyediakan wastafel dan​ hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis.

Perlu diketahui, pada layanan GoFood ini, pihaknya juga menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan.

Prosedur jaga keamanan juga sangat dioptimalkan untuk layanan GoFood, mulai dari hadirnya layanan GoFood pickup bagi pelanggan yang ingin mengambil sendiri pesanan di outlet mitra, hingga pengantaran tanpa kontak fisik (c​ontactlessdelivery​)​dengan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat di dalam pesanan antara pelanggan-mitra driver yang juga berlaku untuk ​GoSend, GoShop, GoMart.

“Kami juga mendorong agar pelanggan dapat mengutamakan transaksi menggunakan GoPay untuk menghindari kontak fisik, baik untuk transaksi layanan Gojek atau transaksi di merchant online atau offline,” singkat Nila.

Sementara itu, bagi Hasanudin, seorang mitra Gojek di Pekanbaru yang sudah bergabung sejak tahun 2018 lalu mengaku beruntung menjadi bagian dari perusahaan startup unicorn pertama di Indonesia ini.

Dia mengatakan Gojek membuktikan tanggap dalam menjaga keberlangsungan bisnis dengan tetap mengedepankan faktor kesehatan di tengah ancaman resesi.

“Apalagi kalau untuk saya pribadi, Ojek ini sudah menjadi sumber mata pencarian utama saya. Memang sempat sih pendapatan anjlok saat PSBB diberlakukan. Aktivitas tidak ada, paling mengharapkan orderan dari gofood aja,” kenang Hasan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved