Breaking News:

Calon Walikota Dumai Eko Raharjo Jadi Tersangka Pelanggaran Pemilu, Libatkan ASN dalam Kampanye

Memang prosesnya seperti itu, sudah dilimpahkan ketiga unsur sepakat dugaan pidana dinaikkan ke tingkat penyelidikan,"ujar Gema Wahyu Adinata

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Calon Walikota Dumai Eko Raharjo Jadi Tersangka Pelanggaran Pemilu, Libatkan ASN dalam Kampanye 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Anggota Bawaslu Riau Bidang Hukum dan Penindakan Gema Wahyu Adinata mengatakan keputusan untuk penetapan tersangka calon Walikota Dumai Eko Suharjo sudah tepat.

Ketiga unsur juga sepakat dengan dugaan pelanggaran melibatkan ASN di kampanye tersebut.

"Memang prosesnya seperti itu, sudah dilimpahkan ketiga unsur sepakat dugaan pidana dinaikkan ke tingkat penyelidikan,"ujar Gema Wahyu Adinata kepada tribunpekanbaru.com Selasa (20/10/2020).

Menurut Gema Wahyu Adinata dalam kasus pelanggaran pidana yang dilakukan Eko Suharjo pada pelaksanaan kampanye sudah memenuhi unsur pelanggaran.

"Kan pelanggaran itu harus menunjukkan simbol dan berada di lokasi kampanye, calon di Dumai (Eko Suharjo) melibatkan ASN, dia tahu ada ASN di sana menurut ahli hukum sengaja melibatkan," ujar Gema Wahyu Adinata.

Karena didalam pidatonya Eko Suharjo juga mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan keberadaan ASN di lokasi kampanye untuk menguatkan dirinya.

Ia menyebutkan "coba tanya ASN ini" dengan menunjukkan seorang ASN yang hadir.

"Penanggungjawab kampanye yang tertera di STTP itu juga ASN itu,"jelas Gema.

Gema Wahyu Adinata juga mengakui banyak kasus lain yang melibatkan ASN oleh calon di Pilkada di Riau dan tentunya tidak ada toleransi bagi calon yang melibatkan ASN.

"Begitu juga dengan ASN nya kan sudah ada yang mengatur dengan aturan yang ditetapkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara maupun kementerian Dalam Negeri,"ujar Gema.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved