Breaking News:

Pilkada Serentak 2020 di Riau

KPU Akui Susah Cari Petugas Pelaksana Pemungutan Suara Saat Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya

Sampai sekarang hampir seluruh Kabupaten dan Kota yang ikut Pilkada masih ada daerahnya yang belum merekrut KPPS,

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com
KPU Mulai Rekrut KPPS Untuk Pilkada 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi kendala untuk perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada sembilan Kabupaten dan Kota di Riau ditengah pandemi covid.

Karena sampai saat ini masih banyak daerah yang belum terekrut KPPS nya karena sulitnya mencari Sumber Daya Manusia (SDM).

"Sampai sekarang hampir seluruh Kabupaten dan Kota yang ikut Pilkada masih ada daerahnya yang belum merekrut KPPS,"ujar Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Firdaus.

Masyarakat enggan mendaftar sebagai anggota KPPS, alasannya karena wajib menjalani rapid tes, itu menjadi banyak alasan minimnya pendaftar.

Lowongan Kerja KPPS Pilkada Serentak 2020 di Indragiri Hulu, Pendaftaran Dibuka Sampai 6 Oktober
Lowongan Kerja KPPS Pilkada Serentak 2020 di Indragiri Hulu, Pendaftaran Dibuka Sampai 6 Oktober (Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri)

"Ditambah lagi aturan yang menyatakan petugas penyelenggara pemungutan suara tidak boleh lebih dari dua kali pelaksanaan ikut serta, sementara untuk daerah tertentu terbatas masyarakatnya, ditambah lagi tidak boleh terlibat partai politik,"ujar Firdaus.

Dengan kondisi seperti ini, Firdaus meminta kepada KPU di Kabupaten dan Kota untuk berperan aktif mencari petugas yang siap untuk bertugas di TPS nantinya.

"Jika tidak ditemukan di daerah setempat, maka KPU bisa meminta bantuan ke pihak kampus ataupun lembaga lainnya yang tentunya sesuai regulasi juga,"ujar Firdaus.

Untuk diketahui proses perekrutan KPPS sudah dimulai sejak 1 Oktober 2020, namun sampai saat ini masih banyak daerah yang belum terekrut KPPS nya.

Sebagaimana diketahui perekrutan KPPS ditengah kondisi covid ini harus dilakukan rapid test bagi calon KPPS.

Bagi yang reaktif maka anggota KPPS harus diganti dengan yang lain yang tidak reaktif.

Baca juga: Enggan Jalani Rapid Test Jadi Sebab Minimnya Peminat KPPS, KPU Inhu Perpanjang Masa Pendaftaran

"Perekrutan disaat covid ini, anggota KPPS harus bebas dari covid, ini dibuktikan dengan rapid tes terhadap anggota KPPS,"ujar Komisisoner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Nugroho Noto Susanto.

Menurut Nugi sapaan akrabnya, seluruh KPU Kabupaten dan Kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 di Riau sudah mulai mempersiapkan perekrutan itu, dimulai membuat pengumuman 1 Oktober 2020.

Untuk sembilan Pilkada di Riau dibutuhkan anggota KPPS sebanyak 72 ribuan orang.

Karena sesuai peraturan setiap TPS itu petugas KPPS sebanyak 7 orang plus 2 tenaga pengaman. Sementara jumlah TPS di sembilan Pilkada di Riau mencapai 8000-an TPS.(tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved