Breaking News:

Pemda Pelalawan Siapkan Dana Rp 4 M Untuk Bantuan Pendidikan Mahasiswa, Dicairkan November Mendatang

Kabar gembira bagi mahasiswa asal Kabupaten Pelalawan yang sedang menimba ilmu di dalam maupun di luar Provinsi Riau.

Penulis: johanes | Editor: Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kabar gembira bagi mahasiswa asal Kabupaten Pelalawan yang sedang menimba ilmu di dalam maupun di luar Provinsi Riau.

Bulan November mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan akan mencairkan bantuan pendidikan.

Bantuan ini diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan untuk program Strata 1 (S1), Diploma 3 (D3), dan Diploma 2 (D2).

Setiap mahasiswa menerima besaran dana yang berbeda berdasarkan strata pendidikan di kampus apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan Pemda.

Pencairan dilakukan sistem transfer ke rekening tanpa ada pembayaran cash.

"Untuk S1 dapat Rp 3 juta satu orang. Mahasiswa D3 dan D2 menerima Rp 2 juta. Ini bantuan pendidikan, bukan beasiswa," ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, H Akmamul Hadi, kepada tribunpekanbaru.con, Senin (26/10/2020).

Akmamul Hadi menjelaskan, Pemda Pelalawan menyiapkan dana sebesar Rp 4 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Sesuai besaran itu akan ditentukan jumlah penerimaan berdasarkan jumlah yang diterima masing-masing mahasiswa.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon penerima yakni nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) eksakta minimal 2,75 dan non eksakta 3,25. Kemudian maksimal semester 10 dan sederet persyaratan lainnya.

"Target kita pertengah November kita cairkan dan dikirim langsung ke rekening penerima yang telah diserahkan ke kita," tandas Akmamul Hadi.

Baca juga: Mencekam, Kapten Kapal Diancam Dibunuh, Tujuh Orang Coba Bajak Kapal Tanker di Perairan Inggris

Baca juga: Sempat Ada Ibu Hamil Terlantar Melahirkan Gara-gara Puskesmas Jauh, Pemkab Siak Bangun 6 Pustu

Baca juga: Libur Panjang, Gubernur Riau Syamsuar Ingatkan Pengelola Tempat Wisata: Perketat Protokol Kesehatan

Kasubbag Bagian Kesra Setdakab Pelalawan, Pudin menyebutkan, sampai saat ini ada 1.500 lebih berkas calon penerima bantuan pendidikan dari mahasiswa.

Pendaftarannya dilakukan secara online melalui website khusus dan seluruh berkasnya di upload. Kemudian berkas asli dikirimkan via pos ke kantor Bagian Kesra Setdakab Pelalawan.

"Sekarang sedang proses verifikasi berkas yang masuk. Akan kita cek persyaratannya. Yang memenuhi syarat akan lulus dan berhak menerima," terangnya.

Mahasiswa yang mendapatkan bantuan pendidikan akan diumumkan dalam waktu dekat. Kemudian dicairkan langsung sesuai peruntukannya.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved