Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Ajak Warga Suku Akit di Pedaman Riau Ikut Nyoblos di Pilkada

Sebagaimana diketahui mata pencarian pokok masyarakat akit di sana nelayan dan bertani. Hampir semua rumah penduduk terbuat dari kayu sederhana.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2020, maka KPU giatkan sosialisasi kepada pemilih, termasuk pemilih yang berada di pedalaman terutama suku pedalaman di Riau.

Seperti yang dilakukan KPU Pelalawan dan KPU Provinsi Riau di dusun Tanjung medan desa Teluk Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau Minggu (1/11/2020), mereka lakukan sosialisasi kepada suku Akit pedalaman untuk perhelatan pilkada.

Kegiatan yang digelar di Balai dusun serba guna Tanjung medan, dihadiri kepala dusun Ali PS, PPK Kuala Kampar dan PPS Desa Teluk.

Sedangkan perwakilan dari KPU dihadiri Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto dan komisioner KPU Pelalawan M Aris.

Dusun Tanjung Medan sendiri merupakan daerah yang aksesnya jauh dari perkotaan, bahkan daari Kecamatan Kuala Kampar, perjalanan ditempuh dengan sepeda motor menuju pemukiman penduduk suku akit di Dusun tersebut.

"Masyarakat suku akit sangat antusias dengan kehadiran tim KPU Riau dan KPU Pelalawan,"ujar Nugroho Noto Susanto kepada tribunpekanbaru.com Senin (2/11/2020).

Dalam sosialisasi tersebut Nugi sapaan akrabnya Nugroho memyampaikan tentang tahapan pemilihan 2020 yang berlangsung, tata cara pencoblosan di TPS, hingga bagaimana prosedur protokol kesehatan di TPS.

Nugroho menyampaikan apresiasi kepada masyarakat suku akit yang antusias hadir dalam kegiatan sosialisasi dan menaruh harapan agar masyarakat akit juga antusias untuk mencoblos pada 9 Desember 2020

Sebagaimana diketahui mata pencarian pokok masyarakat akit di sana nelayan dan bertani. Hampir semua rumah penduduk terbuat dari kayu sederhana.

"Terdapat sekitar 30an warga dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Dan memang KPU Pelalawan membatasi jumlah peserta maksimal 50 orang termasuk dengan tim dari KPU,"ujar Nugi.

Dari semua warga suku akit yang hadir, menurut Nugi telah menggunakan Masker seperti anjuran pemerintah dalam rangka memenuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019

"Acara makin meriah dengan selingan pemberian dooprize atau hadiah bagi peserta yang bertanya atau menjawab pertanyaan dari tim sosialisasi,"jelas Nugi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dusun Tanjung Medan Ali PS juga mengajak masyarakat akit untuk berbondong mencoblos pada 9 Desember 2020.

"Mari sama sama kita menyucuk (mencoblos) pada 9 Desember 2020. Dan jangan lupa kita selalu bawa Masker", ujarnya.(tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved