Breaking News:

UPDATE! Vatikan Klarifikasi Ucapan Paus Frnasiskus Soal LGBT

film Francesco juga mengeksplorasi pekerjaan dan pandangan Paus dalam masalah lain, termasuk perubahan iklim, migrasi, dan kesetaraan ekonomi.

Andreas SOLARO / AFP via Tribunwiki
Paus Fransiskus mengenakan masker saat menghadiri layanan doa antaragama untuk perdamaian bersama dengan perwakilan agama lainnya di Basilika Santa Maria di Aracoeli, sebuah gereja di atas Bukit Capitoline Roma, 20 Oktober 2020 di Roma.Paus Fransiskus membela hak pasangan gay untuk masuk ke dalam serikat sipil yang diakui secara hukum dalam sebuah film dokumenter yang ditayangkan perdana di Festival Film Roma pada 21 Oktober 2020. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Vatikan berusaha untuk mengklarifikasi kabar ihwal pernyataan Paus Fransiskus yang mendukung " ikatan sipil" sesama jenis.

Melalui sebuah surat, Vatikan mengklarifikasi bahwa komentar tersebut diambil di luar konteks dan tidak menandakan perubahan dalam doktrin sebagaimana dilansir dari CNN, Senin (2/11/2020).

Surat tersebut dikirim pada 30 Oktober dari Sekretariat Negara Vatikan kepada duta besar Takhta Suci (nuncios) di seluruh dunia.

Vatikan mengatakan bahwa dua komentar yang dibuat oleh Paus Fransiskus dalam film Francesco oleh sutradara kelahiran Rusia Evgeny Afineevsky telah keluar dari konteks.

Surat tersebut pertama kali mengemuka dan menjadi ramai ketika diunggah di halaman Facebook duta besar Takhta Suci untuk Meksiko, Uskup Agung Franco Coppola, pada Minggu.

Seorang pejabat senior Vatikan telah mengkonfirmasi keaslian surat itu kepada CNN.

"Lebih dari setahun yang lalu, selama wawancara, Paus Fransiskus menjawab dua pertanyaan berbeda pada dua waktu berbeda yang, dalam dokumenter tersebut, disunting dan diterbitkan sebagai jawaban tunggal tanpa kontekstualisasi yang tepat, yang menyebabkan kebingungan," tulis surat tersebut.

Baca juga: SAH! Presiden Jokowi Teken UU Cipta Kerja Omnibus Law, Ada 1.187 halaman

Baca juga: CATAT, Minggu Ini Bantuan Gaji Karyawan Rp 1,2 Juta Cair, CEK di Sini!

Baca juga: Mantan Istri Deddy Corbuzier, Kalina Ocktaranny CLBK dengan Cinta Pertamanya: Bagikan Foto Ini

Paus sempat menanggapi pertanyaan dengan jawaban "Apa yang harus kita buat adalah undang-undang ikatan sipil."

Mengenai komentar Paus tersebut, Vatikan mengatakan bahwa Paus berbicara tentang penentangannya terhadap undang-undang pernikahan sesama jenis di Argentina sepuluh tahun lalu ketika Paus menjadi Uskup Agung Buenos Aires.

Dalam konteks tersebut, surat itu menjelaskan bahwa Paus "telah berbicara tentang sejumlah hak orang-orang ini untuk mendapatkan perlindungan hukum tertentu," tetapi bukan tentang pernikahan sesama jenis.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved