Breaking News:

Ziarah Kubur Menurut Aturan Silat Pangean di Teluk Kuantan Riau

Menurut aturan Silat Pangean, kegiatan ziarah adalah mengunjungi Makam Guru-guru Silek yang telah berjasa dalam membuat suatu seni bela diri dan harus

Tribun Pekanbaru/Istimewa
Ziarah Kubur Menurut Aturan Silat Pangean 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Indonesia sangat kaya akan budaya dan tradisi adat istiadat, tak terkecuali tentang adat dan tradisi Ziarah Kubur yang masih dijalankan hingga saat ini.

Salah satu tradisi Ziarah Kubur di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.

Kecamatan Pangean merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi, kecamatan Pangean mempunyai batas wilayah  yaitu yang perbatasan sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kuantan Hilir, Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Benai, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Benai, Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Logas Tanah Darat.

Kecamatan Pangean terdiri dari 17 Desa , diantaranya Pasarbaru, Koto Pangean, Pauh Angit Hulu, Pauh Angit Hilir, Sukaping ,Pulau Rengas, Rawang Binjai ,Pulau Tengah, Pulau Kumpai, Pembatang, Tanah Bekali,Pulau Deras, Padang Kunyik, Padang Tanggung, Sako Pangean, Sungai Langsat.

Kecamatan Pangean yang beribukota di Pasarbaru, Memiliki Tradisi Ziarah Kubur yang sangat Unik

Ziarah merupakan sebuah kegiatan yang telah ada sejak lama dan merupakan warisan dari para leluhur sebelum Islam datang ke Nusantara.

Kedatangan Islam dengan toleran tidak melarang akan tradisi yang telah dilakukan masyarakat.

Islam tetap membolehkan kegiatan ziarah tetapi dengan mengubah tujuan serta berbagai ritual yang dilakukan dalam berziarah.

Ziarah sampai saat ini masih dilakukan oleh mayoritas muslimin di Indonesia dan belahan dunia yang lain.

Ziarah sudah menjadi salah satu kegiatan spiritual masyarakat muslim sebagai bentuk kebebasan beribadah kepada Allah SWT.

Halaman
12
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved