Breaking News:

KPU Riau Main TikTok, Sosialisasikan Pilkada Serentak 2020 di Riau kepada Anak Muda

Selain Tiktok, KPU Riau juga sudah memanfaatkan media sosial lainnya mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan menampilkan video di akun YouTube

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Gambar oleh antonbe dari Pixabay
KPU Riau Main TikTok, Sosialisasikan Pilkada Serentak 2020 di Riau kepada Anak Muda 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Riau untuk mengajak pemilih mencoblos di Pilkada serentak 2020.

Mulai mendatangi langsung pemilih di pelosok, pasang poster dan memanfaatkan media sosial.

Bahkan untuk menyasar kaum muda millenial, KPU juga memanfaatkan aplikasi Tiktok untuk bersosialisasi pilkada.

Jaringan sosial dan platform video musik asal Tiongkok itu dimanfaatkan KPU untuk pemilih spesifikasi kaum muda millenial yang banyak menggunakan aplikasi ini.

"Kita mulai sosialisasi (tiktok) baru pekan ini. Sengaja untuk menggesa kaum milenial.

Meski perlu adaptasi, namun ternyata bisa juga kita lakukan sosialisasi di tiktok,"ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto kepada tribunpekanbaru.com Senin (9/11/2020).

Menurut Nugi sapaan akrabnya Nugroho Noto Susanto, sejumlah video ajakan untuk memilih dan mendatangi TPS pada hari pencoblosan sudah diupload di tiktok, pihaknya akan mengintensifkan terus sosialisasi ini.

"Satu bulan ke depan kita giat kan terus di media sosial, termasuk tik tok,"ujarnya.

Selain Tiktok, KPU Riau juga sudah memanfaatkan media sosial lainnya mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan menampilkan video di akun YouTube mereka.

"Kita manfaatkan semua jaringan media sosial untuk bersosialisasi, karena saat pandemi ini kita lakukan sosialisasi juga serba terbatas,"jelas Nugi.

Menurut Nugi, bila berkaca dari Pilkada sebelumnya di Riau, pihaknya belum terlalu menggembirakan partisipasi pemiluh, karena untuk 9 daerah di pilkada 2015 partisipasi pemilih di angka 64 persen se Riau.

"Siak dan Inhu di bawah 60%, Pelalawan, Rohil, Bengkalis, Meranti, Dumai di kluster 60an%, dan Kuansing serta Rohul di atas 70%,"jelasnya.

Sedangkan tahun ini pada pilkada serentak 2020, sesuai target nasional semua kategori pemilih 77.5 persen, artinya butuh perjuangan ekstra penyelenggara mencapai target tersebut. (tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved