Breaking News:

Hasil Rapat, UMK Dumai Tahun 2021 Sama Dengan Tahun 2020, Ini Besarannya

Hasil akhir didapati kesepakatan bersama dengan DPK bahwa UMK 2021 Dumai, tetap sama angkanya dengan U‎MK 2020, yakni Rp3.3‎83.834,29.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Ilustrasi rupiah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- ‎ Dinas ketenagakerjaan dan trasmigrasi (Disnakertras) kota Dumai, telah menggelar rapat bersama Dewan pengupahan kota (DPK) Dumai, terkait penetapan Upah minimum Kota (UMK), pada Rabu (11/11/2020).

Plt Kepala Disnakertrans Kota Dumai, Parullian Siregar mengungkapkan, bahwa terkait penetapan ‎UMK untuk kota Dumai, pihaknya telah  menggelar rapat bersama DPK Dumai.

"Jadi kita sudah menggelar rapat bersama DPK yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha, dan serikat pekerja Serikat  buruh‎,pada Rabu (11/11/2020)," katanya, Jumat  (13/11/2020). 

Ia menambahkan, rapat bersama DPK Dumai, berlangsung alot, namun hasil akhir didapati kesepakatan bersama dengan DPK bahwa UMK 2021 Dumai, tetap sama angkanya dengan U‎MK 2020, yakni Rp3.3‎83.834,29.

Parullian ‎menjelaskan, hasil rapat bersama DPK Dumai, tersebut akan segera dilaporkan oleh Walikota Dumai, dan ditetapkan sebagai UMK Dumai. 

"Secepatnya akan kita serahkan kepada pak wali, dan kemudian bisa diserahkan ke Provinsi Riau, untuk kemudian disahkan," terangnya.

Baca juga: Masuki Tengah Progres, TA Kilang Pertamina Dumai Berjalan Lancar 

Baca juga: VIDEO: Pemprov Riau Sambut Baik Rencana Pembangunan Transmisi Gas Dumai-Sei Mangke Sepanjang 386 KM

Baca juga: Debat Pilkada Dumai Malam Ini, Syarifah Terpaksa Tampil Sendiri karena Eko Suharjo Isolasi Covid-19

Lebihlanjutdijelaskanya, dalam rapat yang di laksanakan pada Rabu lalu, mengacu pada ‎surat edaran menteri Ketenagakerjaan nomor M/11/HK.04/X/2020/ tentang penetapan upah minimum tahun 2020 - 2021 di masa pandemi Covid-19, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. 

"Jadi intinya dalam surat edaran Menteri Naker tersebut, untuk pemulihan ekonomi nasional  akan dilakukan  penyesuaian upah minimum 2021 sama dengan 2020‎, jadi intinya tidak ada kenaikan sesuai surat edaran menteri tersebut, dan sudah disepakati juga di Didumai," imbuhnya. 

Diakuinya, pada rapat bersama DKP tersebut, ‎dibahas dan dipertimbangkan semua aspek termasuk aspek upah sekitar, dan pertimbangan ekonomi, dan aspek investasi dan lainnya.

"Saat rapat tersebut, ‎memang ada dari unsur serikat pekerja serikat buruh, menolak dengan alasan pertumbuhan ekonomi Riau, yang mencapai 1 persen lebih, namun DPK tetap sepakat bahwa UMK Dumai, tetap sama dengan 2020," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved