Breaking News:

Pansus DPRD Pekanbaru Minta Bus TMP Bisa Datangkan PAD, Kini Ranperdanya Sedang Digodok

Pansus DPRD Pekanbaru kini, menyorot keberadaan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pansus DPRD Pekanbaru kini, menyorot keberadaan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

Sebab, sejak beroperasi tahun 2014, hingga kini Bus TMP masih belum bisa memberikan PAD bagi Pemko Pekanbaru. Justru sebaliknya, masih menyusu di APBD Pekanbaru.

Ketua Pansus DPRD Pekanbaru membidangi Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani serta Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan,  Roni Pasla mengatakan, bahwa dari laporan dari Pemko Pekanbaru yang diterima pihaknya, tahun ini Pemko Pekanbaru kembali menggelontorkan dana sebesar Rp16 miliar untuk biaya operasional ratusan unit Bus TMP.

Satu bus TMP melintas di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru. Ratusan pramudi dan pramugara bus TMP belum gajian selama hampir dua bulan.
Satu bus TMP melintas di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru. (Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang)

"Pansus ini kan masih kami bahas, dan Anggota Pansus sudah melakukan studi banding ke Trans Jakarta dan DPRD Bekasi pekan kemarin," kata Roni Pasla,  Kamis (19 /11 /2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Seperti diketahui,  Di bawah pengelolaan PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP), sebanyak 110 unit Bus TMP kini terus melayani masyarakat. Saat ini, sudah tersedia sebanyak 10 rute perjalanan Bus TMP.

Bus TMP hadir sebagai layanan moda transportasi massal bagi masyarakat. Agar bisa berkembang pesat, Pemko Pekanbaru berencana akan menjadikan PT SPP selaku pengelola, menjadi perseroan daerah atau Perseroda.

Pengajuan Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani serta Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan tersebut, kini sedang dibahas oleh Tim Pansus DPRD Pekanbaru.

Dari kunjungan Pansus kemarin ke PT Trans Metro Jakarta, banyak masukan yang didapatkan Pansus. Meski sama-sama disubsidi pemerintah, namun Bus TMP dan Trans Jakarta memiliki banyak perbedaan.

“Keduanya sama-sama disubsidi pemerintah. Tapi kenapa Bus Trans Jakarta bisa memberikan keuntungan meski tidak dalam bentuk materi. Kalau Bus TMP masih sekadar memberikan pelayanan, belum ada keuntungan lain yang diberikan. Ini yang harus kita genjot, jangan lah terus menerus disubsidi,” sebut politisi Pansus ini. (Tribunpekanbaru.com /Syafruddin Mirohi).
 

--------------------------------------------------------------

Halaman
123
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved