Breaking News:

Putusan Jauh di Bawah Tuntutan, Kejari Pelalawan Nyatakan Banding atas Vonis Perkara Pidana Pilkada

Korps Adhyaksa telah menyampaikan permohonan banding ke PN Pelalawan pada hari terakhir masa pikir-pikir.

Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Sidang perkara Pidana Pilkada Pelalawan 2020 digelar di Pengadilan Negeri Pelalawan pada Senin (16/11/2020) lalu dengan agenda pembacaan putusan majelis hakim. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan Riau menyatakan banding atas vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan terhadap perkara pidana Pilkada tahun 2020 yang diputuskan pada Senin (16/11/2020) lalu.

Korps Adhyaksa telah menyampaikan permohonan banding ke PN Pelalawan pada hari terakhir masa pikir-pikir yang dinyatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang vonis sebelumnya.

JPU maupun penasehat hukum ketiga terdakwa diberikan waktu tiga hari sejak putusan dibacakan untuk memikirkan upaya hukum selanjutnya, jika tidak puas dengan putusan yang dibacakan majelis hakim.

"Kita sudah nyatakan banding dan langsung menyerahkan memory banding ke PN Pelalawan," ungkap Kepala Kejari Pelalawan, Nophy Tennophero Suoth SH MH, melalui Kasi Pidum Agus Kurniawan SH MH, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Pengacara 2 Pejabat ASN Terdakwa Pidana Pilkada Sampaikan Pledoi, Sebut Klien Tak Terbukti Bersalah

Agus Kurniawan menyebutkan, pihaknya menyatakan banding lantaran putusan majelis hakim berbeda jauh dibanding tuntutan JPU.

Jaksa menilai vonis tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan dalam surat tuntutan sebelumnya.

Berdasarkan petunjuk dari pimpinan kejaksaan, upaya banding akhirnya ditempuh.

Pada dasarnya, lanjut Agus Kurniawan, pertimbangan hukum yang digunakan oleh majelis hakim sama dengan tuntutan JPU.

Bahkan ketiga terdakwa juga dinyatakan terbukti bersalah atas tindak pidana yang dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang ada.

"Pertimbangan hukum sama dan pidana denda juga serupa. Hanya hukuman kurungannya yang berbeda. Itu yang menjadi perhatian kita," tandasnya.

Halaman
123
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved