Breaking News:

360 Personil Diterjunkan Amankan TPS di Kepulauan Meranti, Dapat Bantuan Personil Polda Riau

Selain menyiapkan sejumlah personil dari Polres Kepulauan Meranti, sejumlah dukungan bantuan personil juga diturunkan oleh pihak Polda Riau

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK saat meninjau pelaksanaan simulasi pemungutan suara di SDN 3 Selatpanjang Sabtu (21/11/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULUAN MERANTI - Pihak Polres Kepulauan Meranti akan menyiapkan ratudan personil untuk memastikan kesmana pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Selain menyiapkan sejumlah personil dari Polres Kepulauan Meranti, sejumlah dukungan bantuan personil juga diturunkan oleh pihak Polda Riau.

Demikian disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK saat hadir memantau proses simulasi Pemungutan Suara Pilkada Kepulauan Meranti di SD Negeri 3 Selatpanjang Sabtu (21/11/2020).

Dijelaskannya kehadirannya pada simulasi tersebut bertujuan untuk memantapkan proses pengamanan pada 450 Tempat Pemilihan Suara (TPS), tersebar se-Kepulauan Meranti.

Baca juga: Peserta CPNS Pemprov Riau Sudah Lulus Seleksi Malah Pilih Undur Diri, Apa Alasannya?

Baca juga: Riau Peringkat ke-8 MTQ Nasional di Sumbar, Tahun Depan Targetkan Masuk Lima Besar

Baca juga: Pj Sekdako Pekanbaru Ingatkan OPD Layanan Publik Cegah Kerumunan Saat Antre,Putus Penularan Covid-19

"Kehadiran kita untuk memantapkan lagi bagaimana petugas kepolisian termasuk linmas dan TNI akan bergabung di TPS dan bagaimana proses pengamanan berjalan sesuai ketentuan," ujar Eko.

Dirinya juga memastikan prioritas saat ini adalah bagaimana protokol kesehatan bisa berjalan dengan baik.

" Pilkada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Saat ini kita harus memproritaskan kesehatan masyarakat agar tidak muncul cluster Pilkada," imbuhnya.

Dilapangan nantinya jelas EKo, jumlah personil yang dikerahkan sebanyak 360 orang.

Jumlah tersebut termasuk 80 personil dari satuan Brimob Polda Riau yang akan disebar di 450 TPS yang ada di Kepulauan Meranti.

30 personil Brimob Polda Riau diterjunkan untuk mengamankan situasi kontigensi, dan BKO Polda diperbantukan sebanyak 50 orang.

"Jadi total BKO Polda dan Brimob Polda dengan anggota kota hampir 360 orang. Jadi untuk segala kemungkinan yang terjadi kita sudah siapkan personil untuk itu," tuturnya.

Keseluruh personil akan dibagi kepada beberapa kriteria TPS yang akan dipetakan pihak Polres Kepulauan Meranti.

Sehingga jumlah personil akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan.

"450 TPS akan kita bagi lagi menjadi beberapa kriteria mulai dari aman, sedang dan rawan, dari beberapa kriteria itu kita akan bagi," ujarnya.

Dirinya juga mewanti-wanti kepada seluruh tim sukses pasangan calon untuk tetap menjaga kondisi aman sampai hari H pencoblosan.

"Kita akan pastikan betul mereka tetap sesuai ketentuan, tidak ada lagi melakukan kegiatan seperti halnya serangan fajar.”

“ Dan untuk itu kita sudah melakukan antisipasi dengan semua elemen khususnya Bawaslu agar tidak ada politik serangan Fajar," tegasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Teddy Tarigan )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved