Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dari Sosper Anggota DPRD Pekanbaru Robin: Banyak Warga Bertanya-tanya Apa Perda Naker Pekanbaru

Sejumlah Perda Kota Pekanbaru ternyata banyak belum diketahui masyarakat. Padahal, Perda tersebut langsung berhubungan dengan masyarakat itu sendiri.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah Perda Kota Pekanbaru ternyata banyak belum diketahui masyarakat. Padahal, Perda tersebut  langsung berhubungan dengan masyarakat itu sendiri.

Terbukti pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Anggota DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH, di beberapa titik kemarin, masyarakat banyak bingung soal Perda Tenaga Kerja (Naker) Lokal.

"Banyak warga bertanya-tanya, apa Perda Naker Pekanbaru tersebut. Saya sempat terkejut, padahal Perda ini sudah ada sejak tahun 2018 lalu. Saya kira selama ini Pemko terkesan hanya seremonial saja dalam mensosialisasikan, " kata Robin kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (24/11 /2020).

Seperti diketahui, Perda No 13 Tahun 2018 tentang Naker Lokal Pekanbaru, harusnya sudah banyak diketahui masyarakat.

Karena setelah disahkan DPRD Pekanbaru, pemerintah melalui OPD terkait, wajib melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Anggota DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH (kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada warga, saat acara Sosialisasi Perda akhir pekan lalu di Jalan Pemuda Gg Mesjid Kecamatan Payung Sekaki.
Anggota DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH (kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada warga, saat acara Sosialisasi Perda akhir pekan lalu di Jalan Pemuda Gg Mesjid Kecamatan Payung Sekaki. (Istimewa)

Sebab di Perda Naker Lokal tersebut, dimuat hak dan kewajiban masyarakat. Termasuk pengusaha. Tapi sayangnya, hal itu tidak terealisasi.

Padahal, harapan kalangan legislator, karena biaya pembuatan Perda ini tinggi hingga ratusan juta, maka OPD terkait harus menyampaikannya ke masyarakat.

"Di dalam Perda itu jelas dibunyikan seperti gaji, BPJS, libur, perusahaan wajib bayar gaji di bulan ramadhan, dan lainnya. Tapi kenapa masyarakat banyak yang tidak tahu, " kata Politisi PDI-P ini.

Adanya kegiatan Sosper ini, lanjut Robin, dirasakan banyak manfaatnya. Masyarakat dari tidak tahu mengenai Perda Naker Lokal, paling tidak sekarang beberapa di antaranya sudah paham.

"Saya sendiri ada tiga daerah di Pekanbaru melaksanakan Sosper Naker Lokal. Di Jalan Pemuda Gg Mesjid Payung Sekaki, Jalan Angkasa Payung Sekaki dan satu tempat lainnya di Kecamatan Payung Sekaki," akunya.

Wakil rakyat yang duduk di Komisi IV ini berharap, agar Pemko melalui OPD terkait, benar-benar melakukan sosialisasi Perda Kota Pekanbaru secara maksimal.

Jangan hanya seremonial saja. Karena banyak dampaknya, baik untuk masyarakat ataupun untuk PAD kota ini.  (Tribunpekanbaru.com /Syafruddin Mirohi).

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved