Breaking News:

Wakil Wali Kota Dumai Meninggal

Walikota Dumai Ditahan KPK, Wakilnya Meninggal Dunia, Gubri Syamsuar Kirim Surat ke Mendagri 

Surat tersebut meminta petunjuk dan arahan dari Kemendagri terkait dengan adanya kekosongan kepala daerah di Kota Dumai.

tribunpekanbaru/syaiful
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar  langsung memerintahkan Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau agar segera mengirim surat resmi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Surat tersebut meminta petunjuk dan arahan dari Kemendagri terkait dengan adanya kekosongan kepala daerah di Kota Dumai.

Sebab saat ini Walikota Dumai Zulkifli AS sudah ditahan oleh KPK. Sementara Wakilnya, Eko Suharjo baru saja dikabarkan meninggal dunia, Rabu (25/11/2020) dini hari tadi.

"Kami akan segera berkonsultasi ke Kemendagri terkait hal ini, karena kita tau di Dumai itu walikotanya ditahan oleh KPK, saya sudah minta biro Tapem untuk segera mengirim surat resminya kepada pak menteri. Kita tunggu nanti seperti apa petunjuk dari beliau," kata Gubri Syamsuar usai menghadiri acara di Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (25/11/2020).

"Secara lisan saya juga sudah sampaikan ke pak dirjen, mudah-mudahan kita segera mendapatkan petunjuk dari pak menteri,." imbuhnya.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, sejauh ini Pemprov Riau sudah menunjuk Sekko Dumai, Herdi Salioso sebagai Plh Walikota Dumai.

Namun karena masa jabatan Walikota Dumai baru berakhir Februari 2021 mendatang, maka diperlukan Pj atau Plt Walikota agar bisa mengeluarkan kebijakan dalam hal penggunaan anggaran dan menerbitkan Perda.

"Kita sudah melakukan penunjukan terhadap Sekko Dumai sebagai Plh Walikota. Tapi karena masa jabatan walikota ini akan berakhir pada Februari 2021 menunggu hasil pilkada, tentu kita masih menunggu langkah selanjutnya. Memang untuk beberapa daerah, seperti di Bengkalis itu kita menunjuk Pj kepala daerah,  karena ini berkaitan dengan penggunaan anggaran dan penandatangan Perda dan yang lainya," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama Gubri Syamsuar juga menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Eko Suharjo sebagai Wakil Walikota Dumai yang kembali maju menjadi Calon Walikota Kota Dumai. 

"Hari ini sebagaimana kita ketahui bersama, salah seorang pemimpin di Riau, yaitu wakil walikota dumai pak Eko suharjo telah berpulang kerahmatullah dini hari tadi. Kami atas nama pemerintah provinsi riau turur beduka cita dan mendoakan semoga almarhum diapuni segala dosanya dan diterima alam ibadahnya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata Gubri Syamsuar.

Baca juga: UPDATE Kasus Maybank: Dari Rp 22.9 Miliar, Maybank bakal Ganti Uang Winda Rp 16,8 Miliar, Sisanya?

Baca juga: Mayat Diduga Ibu Muda Ditemukan Terapung Tanpa Busana, Ditemukan Pemancing, Identitas Masih Misteri

Baca juga: Bukan PUBG ataupun Mobile Legend, FREE FIRE (FF) Menjadi Game Mobile Terbaik 2020

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved