Breaking News:

Viral Video

VIRAL VIDEO Detik-detik Ban Mobil Terlepas Saat Kecepatan Tinggi di Jalan Tol, Ini Penyebabnya!

Baru-baru ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah ban terlepas dari mobil MPV berwarna hitam di ruas jalan tol.

Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.com - Baru-baru ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah ban terlepas dari mobil MPV berwarna hitam di ruas jalan tol.

Belum diketahui pasti dimana kejadian tersebut terjadi, tetapi dalam video berdurasi 30 detik yang di unggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia itu terlihat satu ban mobil menggelinding hingga beberapa meter sesaat setelah terlepas dari mobil MPV.

Kondisi ini tentu berbahaya bagi pengemudi mobil dan pengendara yang berada di sekitar.

Sebab, tidak jarang dari mereka yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalan tol, sehingga akan sulit untuk menghindari ban tersebut.

Menanggapi kejadian ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab adalah tidak memasang baut atau mur gading-gading roda dengan kencang.

Menurutnya, jika ada satu baut yang terlepas berarti ada kemungkinan baut lain juga dalam kondisi yang sama.

“Kalau satu terlepas itu kemungkinan besar yang lainnya juga longgar, jarang sekali kalau ada satu yang lepas maka yang lainnya masih kencang itu jarang terjadi.

Kalau lupa (mengencangkan) satu berarti lupa semuanya,” ujar Suparna belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Maka tidak heran jika ada satu baut yang terlepas, maka akan menyebabkan baut yang juga terlepas.

Akibatnya sangat fatal karena bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kalau sampai baut pelek terlepas itu bahaya sekali, akan menyebabkan roda terlepas dari HPnya. Beberapa kasus ban yang menyalip kita, padahal ternyata ban itu adalah dari mobil kita sendiri bahkan sudah sering terjadi,” katanya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Ban Lepas, Ini Pentingnya Kencangkan Baut pada Pelek Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/26/100200415/video-viral-ban-lepas-ini-pentingnya-kencangkan-baut-pada-pelek-mobil.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved