Breaking News:

Berita Riau

Siap-siap, Riau Dapat Jatah 4 Juta Vaksin Covid-19, Ini Kriteria Warga yang Akan Divaksinasi 

Pemerintah Pusat memberi kuota vaksin 4 juta lebih kepada Provinsi Riau,Kouta vaksin itu disesuai dengan jumlah penduduk dan kieteria yang ditentukan

JOEL SAGET / AFP
Jarum suntik dan botol bertuliskan "Vaccine Covid-19". Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 42 "calon vaksin" untuk virus corona baru Covid-19 sedang menjalani uji klinis pada 17 November 2020. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Pemerintah Pusat memberi kuota vaksin 4 juta lebih kepada Provinsi Riau untuk kekebalan tubuh mencegah virus Sars Cov 2 pada penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).  

"Kita Riau mendapat kouta ada sekitar 4 juta. Kouta vaksin itu disesuai dengan jumlah penduduk dan kieteria yang ditentukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (30/11/2020).

Mimi menjelaskan, kieteria berdasarkan umur yang mendapat vaksin yakni umur 18-59 tahun.

Kemudian tenaga kesehatan, tenaga pendidik, publik servis, tokoh agama, ulama dan sebagainya. 

Baca juga: Baddu Dengar Ayah Minta Tolong, Kedua Orang Tuanya Berlumur Darah di Kamar, Ternyata Pelakunya

Baca juga: 1.361 Mahasiswa Lolos Sebagai Penerima Bantuan Pendidikan 2020 Pemkab Pelalawan, Ini Daftarnya

Baca juga: 2 Pria yang Videonya Viral Jambret Uang Pengemis Tua Ditangkap dan Ditembak Kakinya, 1 Masih Buron

"Ini diprioritaskan untuk orang yang belum pernah terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan orang yang sudah pernah positif tidak diberi vaksin, karena pasien itu sudah terbentuk antibodi di dalam tubuhnya," ujarnya.

Ditanya kapan vaksin akan didistribusikan dan darimana, Mimi Nazir menyatakan saat ini vaksi masih dalam proses oleh pemerintah pusat. 

"Kalau vaksin darimana, itu pusat yang tahu. Karena pengadaannya dilakukan pusat. Jadi kita belum tahu vaksin darimana, dan dapat vaksin yang mana. Namun yang jelas kalau sudah didistribusikan pasti sudah diujicoba keamanannya," katanya. 

Sedangkan teknsi penyaluran, tambah Mimi, ketika vaksin datang dari puaut, pihaknya akan mendistribusikan ke kabupaten/kota, kemudian pelaksanaan vaksin di puskesmas.

Baca juga: Positif Covid-19, Ibu Hamil Ini Melahirkan Anaknya tapi Negatif: Dokter Curiga Ini yang Terjadi

Baca juga: Nyaris Tembus 20 Ribu Kasus, Lima Daerah di Riau Ini Diminta Serius Tangani Covid-19 

"Nanti masyarakat bisa melakukan vaksinasinya di masing-masing Puskemas terdekat," kata Mimi.  (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved