Breaking News:

Penanganan Covid

29 Pasien Jalani Isolasi Mandiri di Hotel Grand, Kasus Covid-19 di Pelalawan Bertambah Setiap Hari

Satu bulan lebih hotel grand telah diaktifkan sebagai perawatan dan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Penulis: johanes
Editor: Ilham Yafiz
TRIBUN PEKANBARU / JOHANES WOWOR TANJUNG
Hotel Grand Pangkalan Kerinci, di Pelalawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Tim Satuan Tugas (Satgas) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan Riau masih mengoperasikan Hotel Grand Pangkalan Kerinci sebagai lokasi karantina pasien corona hingga Minggu (6/12/2020).

Satu bulan lebih hotel grand telah diaktifkan sebagai perawatan dan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, tercatat sudah 29 orang pasien yang menjalani isolasi di penginapan tersebut. Pasien silih berganti mendiami hotel yang berlokasi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pelalawan. 

"Dari 29 pasien yang telah terdata, sebanyak 11 orang sudah keluar dari hotel isolasi," ungkap juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan, Asril M.Kes, kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (6/12/2020).

Asril menjelaskan, sebanyak 18 pasien OTG Covid-19 masih menjalani perawatan di hotel grand. Mereka mendiami kamar-kamar yang ada di penginapan berlantai tiga itu. Para pasien dibedakan kamar maupun aktivitasnya, sesuai jadwal masuk isolasi. Bahkan pasien yang berbeda hari masuk ke hotel tidak dibenarkan berinteraksi untuk menghindari kontak dan potensi penularan.

Pasien diberikan fasilitas berupa makan tiga kali sehari, kamar memiliki pendingin ruangan, cuci pakaian, vitamin, serta makanan peningkat imunitas tubuh. Selain itu, pasien tak diizinkan satu kamar, jika bukan suami istri meskipun berkeluarga.

"Hotel ini akan kita aktifkan hingga akhir Desember, sesuai rencana hanya dua bulan saja. Anggaran yang tersedia juga untuk selama itu," tambah Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini.

Hingga Minggu (6/12/2020), masih terjadi penambahan pasien baru Covid-19 di Pelalawan. Setiap hari timbul kasus baru meski jumlahnya tidak terlalu signifikan seperti dua bulan lalu. Kebanyakan pasien yang bertambah merupakan pasien suspek yang sebelumnya telah dirawat di rumah sakit. 

"Seperti penambahan hari ini ada empat pasien, berasal dari pasien suspek Covid-19," tandasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpekanbaru.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved