Breaking News:

Siak

Update Kasus Covid-19 di Siak, Pas Pilkada Bertambah 15 Pasien Covid-19, Total Tembus 1.604 Orang

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono mengatakan, Rabu ini ada penambahan 15 pasien baru dan masih ada 137 sampel lagi.

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 selalu bertambah. Rabu (9/12/2020) sedikitnya ada 15 pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono mengatakan, penambahan itu memperpanjang daftar pasien Covid-19 di kabupaten Siak.

Total secara keseluruhan menjadi 1.604 orang. 

"Masih ada 137 sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swabnya," kata Budhi.

Total positif Covid-19 sebanyak 1.604  tersebut sebagian besarnya sudah sembuh.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono menjelaskan kondisi Covid 19 di ruangan kerjanya, Selasa (21/10/2020).
Sekretaris Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono menjelaskan kondisi Covid 19 di ruangan kerjanya, Selasa (21/10/2020). (istimewa)

Sedikitnya ada 103 orang dirawat, 1.364 orang sehat dan sudah dipulangkan atau selesai isolasi.

Sebanyak 100 orang mengalami isolasi mandiri dan 37 orang meninggal dunia.

Pasien konfirmasi positif Covid – 19 yang dirawat tersebar di beberapa tempat. Rinciannya adalah di RS Eka Hospital Pekanbaru sebanyak 8 orang, RSUD Tengku Rafian Siak  36 orang, RS Bhayangkara 1 orang, RS Arifin Ahmad 2 orang, RS Selasih Pelelawan 1 orang, RS Santa Maria 3 orang, RS Sansani 1 orang, RS Aulia Pekanbaru 3 orang,  RS Awal Bros 2 orang, RS Permata Hati Duri 1 orang, RS Prima Pekanbaru 2 orang, Bapelkes Pekanbaru 1 orang, Asrama Haji Siak 42 orang, Isolasi Mandiri di Hotel Yasmin Siak/Mess Perusahaan/Rumah 100 orang. 

Sedangkan data suspek berjumlah 7.672 orang, selesai isolasi pemantauan berjumlah  7.322 orang, isolasi mandiri 324 orang, isolasi di RS 9 orang dan meninggal 17 orang.

Penambahan sebanyak 15 orang tersebut berasal dari kecamatan Dayun, Tualang dan Siak. Usianya beragam, mulai dari 25, 30 hingga 50 tahun ke atas.

Baca juga: Sempat Hirup Udara Bebas Mei Lalu, Mantan Pejabat Kuansing Dijebloskan Lagi ke Lapas, Ini Kasusnya

Baca juga: KPU Riau Minta Masyarakat Tunggu Hasil Resmi Pilkada, Ini Jadwal Penghitungan Pilkada di Riau

"Berita baiknya hari ini ada 8 orang yang sembuh. Kebanyakan dari mereka berasal dari Siak," kata dia.

Bubhi menyebut masyarakat tidak boleh lengah, sebab Covid 19 belum usai. Protokol kesehatan harus menjadi kewajiban untuk mengurangi potensi penyebarannya.

"Tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing). Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," kata Budhi.

Bila harus keluar, katanya, gunakan masker. Lebih baik menggunakan masker kain dari pada tidak sama sekali. Hal itu sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid 19.

Baca juga: Insiden Pencoblosan di TPS, Ada yang Mabuk, Massa Panah Anggota Brimob dan Bawa Kabur Kotak Suara

Baca juga: Pengamen Remaja Mutilasi Pegawai Mini Market, Pelaku Nekat Gara-gara Dendam Perlakuan Korban

"Rutinlah mencuci tangan. Lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer.  Jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra) 

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved