Breaking News:

Hasil Pilkada Bengkalis

Bawaslu Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang 3 TPS di Pilkada Bengkalis, Temukan Pelanggaran Ini

Pelanggaran tersebut terjadi di tiga TPS di kecamatan Bathin Solapan dan Pinggir. Ini tiga TPS yang Dimaksud

Istimewa
Bawaslu Bengkalis saat melakukan pengawasan pemungutan suara, Rabu (9/12/2020) kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Bengkalis mememukan pelanggaran berpotensi untuk terjadi pemungutan suara ulang (PSU) pada pemungutan suara kemarin.

Pelanggaran tersebut terjadi di tiga TPS di  kecamatan Bathin Solapan dan Pinggir.

Hal ini diungkap Usman Komisioner Bawaslu Bengkalis Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga kepada tribun, Kamis (10/12) siang.

Tiga TPS yang dimaksud yakni TPS 4 dan TPS 5 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan dan TPS 3 Desa Balai Raja Kecamatan Pinggir.

Pelanggaran yang ditemukan terdapat pemilih diluar daftar pemilih tetap (DPT) TPS tersebut.

Selain itu pelanggaran terjadi berupa petugas TPS membuka kotak suara tidak sesuai ketentuan atau prosedur yang telah ditetapkan PKPU yang ada.

"Sejauh ini prosesnya sudah kita lakukan pemeriksaan. Bahkan sudah kita keluarkan rekomendasi untuk KPU Bengkalis melakukan pemungutan suara ulang di tiga TPS ini," terang Usman. 

Menurut dia, setelah rekomendasi ini di keluar, KPU Bengkalis memiliki waktu sekitar empat hari untuk melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu Bengkalis. Selanjutnya teknis pelaksanaan PSU ini akan dilakukan oleh KPU Bengkalis.

"Rekomendasi ini wajib dilaksanakan KPU Bengkalis. Jadi PSU ini wajib dilakukan jika tidak dilaksanakan KPU nanti bisa kita masalahkan KPUnya," tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly membenarkan adanya rekomendasi Bawaslu terkait PSU di tiga TPS ini. Rekomendsasi ini sudah diterima pihaknya.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved