Breaking News:

Pilkada di Riau 2020

Hanya Satu Kabupaten Capai Target Partisipasi Pemilih pada Pilkada di Riau, Kabupaten Mana?

Ada satu kabupaten di Riau yang mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen tersebut yakni Pelalawan dengan capaian 78,2 persen

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Ketua KPU Riau Ilham Yasir 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dari sembilan daerah yang ikut Pilkada serentak 2020 di Riau, ternyata hanya satu kabupaten yang mencapai target pemilihnya.

Sebagaimana yang ditargetkan nasional partisipasi pemilih 77,5 persen, sedangkan di Riau rata-rata dari sembilan tersebut hanya 70,3 persen.

Meskipun demikian partisipasi pemilih bila dibandingkan pilkada 2015 mengalami peningkatan 7,91 persen dari sebelumnya hanya 60,60 persen.

Ada satu kabupaten di Riau yang mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen tersebut yakni Pelalawan dengan capaian 78,2 persen dari pilkada 2015 hanya 69,34 persen.

Baca juga: Beralamat di Sukabumi,3 Pekan Jenazah Jaka di RS Bhayangkara Riau,Polisi Masih Cari Pihak Keluarga

Baca juga: Istri Bupati Dilaporkan ke Bawaslu, Paslon Ridho: TSM-Manfaatkan BLT-Libatkan 179 Kades dan 14 Camat

Baca juga: Sempat Bongkar Kunci Pintu, Maling Ngacir Saat Penghuni Rumah Tiba-tiba Bangun

" Pelalawan meningkat dan beberapa daerah lainnya kecuali Rohul, Kuansing dan Dumai yang turun partisipasi pemilihnya,"jelas Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

Menurut Ilham Muhammad Yasir, faktor meningkat partisipasi pemilih ini lebih disebabkan karena tingginya sosialisasi yang dilakukan paslon, dan tim kampanye.

"Seperti di Pelalawan memang kampanye terbanyak paslon di sana, ditambah sosialisasi dan semua hal juga akan menjadi faktor,"ujarnya.

Namun meskipun tidak mencapai target nasional, menurut Ilham peningkatan partisipasi pemilih di tengah pandemi Covid-19 ini sudah menjadi kebanggaan.

"Apalagi bila dibandingkan dengan pemilu di negara luar yang partisipasi pemilihnya cukup baik kita di Riau dan Indonesia umumnya ditengah Covid-19,"ujar Ilham.

Sebagaimana data dari KPU partisipasi pemilih di Pelalawan 78.21 persen pemilihan 2020, naik 8.87 persen dari 69.34 persen pemilihan tahun 2015.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved