Breaking News:

Penanganan Covid

Antigen di Pekanbaru: CEK Harga Rapid Tes Swab Antigen di Rumah Sakit di Pekanbaru

Rapid Antigen menjadi salah satu syarat yang diwajibkan bagi anda dalam mengunjungi daerah di masa pandemi ini.

Penulis: Firmauli Sihaloho | Editor: Firmauli Sihaloho
Gambar oleh fernando zhiminaicela dari Pixabay
Covid-19, vaksin, rapid tes antigen 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Rapid Antigen menjadi salah satu syarat yang diwajibkan bagi anda dalam mengunjungi daerah di masa pandemi ini.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan rapid antibodi.

Dirangkum dari pemberitaan di Kompas.com, berikut perbedaan rapid test antigen, rapid test antibodi, dan tes PCR:

1. Jenis sampel

Pemeriksaan rapid test antibodi dilakukan menggunakan sampel darah. Sedangkan pemeriksaan rapid tes antigen dan tes PCR dilakukan menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan, dengan metode usap (swab).

Sehingga, rapid test antigen terkadang disebut juga dengan swab antigen. Namun, pada dasarnya keduanya adalah tes yang sama.

2. Cara kerja

Rapid test antibodi bertujuan mencari antibodi terhadap virus corona. Tubuh menghasilkan antibodi sebagai respons terhadap agen infeksi seperti virus. Antibodi ini umumnya muncul setelah empat hari hingga lebih dari seminggu setelah infeksi.

Sementara rapid test antigen dinilai lebih akurat dibandingkan rapid test antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan. Identifikasi dilakukan dengan mencari protein dari virus corona.

Sedangkan tes PCR menjadi yang paling dianjurkan karena dapat mencari materi genetik dari virus. Tes PCR menggunakan sampel lendir yang biasanya diambil dari hidung atau tenggorokan seseorang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved