Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Antisipasi Kluster Baru Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Komentar Anggota DPRD Pekanbaru

Bahwa perketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) di masyarakat, sekarang menjadi hal prioritas.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kasus pandemi di Kota Pekanbaru kini sudah landai. Kondisi ini harus dipertahankan, bahkan dikurangi.

Tentunya kondisi ini tidak serta merta berpangku tangan.

Semua pihak harus bersama-sama berkomitmen, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kluster baru.

Terutama jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Sebab, jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan kluster baru bisa terjadi.

"Jadi, jangan lengah. Semua pihak, terutama Pemko dan Satgas Covid harus bergerak. Jangan hanya berstatement saja. Harus ada action nyata di lapangan, " tegas Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE, Selasa (22 /12/2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa perketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) di masyarakat, sekarang menjadi hal prioritas.

Tujuannya untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Meski pemerintah memutuskan memangkas libur akhir tahun 2020 sebanyak 3 hari, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, tapi menjalankan Prokes tidak boleh diabaikan.

"Khusus untuk Pekanbaru, kami sarankan untuk membuat kebijakan yang berkaitan untuk menyikapi libur panjang akhir tahun. Tapi perketat Prokes, lalu diawasi bersama. Setelah itu ada action, jangan hanya sebatas program belaka," tambah Politisi senior Partai Demokrat ini.

Diakuinya, agar tidak terjadi kluster baru, maka penerapan Prokes, bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau Satgas.

Namun juga semua lapisan masyarakat. Artinya, kesadaran masyarakat harus menjadi hal yang paling penting.

"Instansi vertikal juga harus membantu mengawasi liburan panjang ini, karena potensi kenaikan Covid sangat besar sekali. Dari sekarang harus dirancang, terutama membuat batasan-batasan tertentu. Sehingga ini benar-benar berjalan," saran anggota dewan tiga periode ini. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved